Jawa Pos

Rutin Liburan Menambah Semangat Berwirausa­ha

-

SURABAYA, Jawa Pos – ’’Itu dari bahan tali kur,” ujar Ratna Fadilah saat ditemui di rumahnya di Kedung Rukem. Ratna merupakan penggiat UMKM di bidang fashion dan aksesori. Untuk melepas penat, dia kerap traveling ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Jiwa berwirausa­ha dirasakann­ya sejak masih usia dini. Dia kerap membantu orang tuanya untuk menjual makanan. Setelah lulus kuliah dan bekerja sebagai karyawan, Ratna masih menekuni hobi wirausaha itu. Sampai 2019, dia ingin mengembang­kan hobi di bidang kerajinan tangan. Ratna pun mengikuti berbagai pelatihan di Surabaya.

’’Dulu sudah tertarik ikut, tapi baru terealisas­i karena disambi bekerja yang lain,” ujarnya. Dari pelatihan itu, Ratna banyak mengembang­kan bahan daur ulang untuk kerajinan tangan. Lalu, dirangkai atau disulam menjadi berbagai produk. Misalnya, bros yang terbuat dari tali kur dengan berbagai bentuk. Selain itu, dia membuat kreasi akseori lainnya seperti ikat rambut. Kini dia juga menekuni kerajinan fashion seperti batik.

Berkat ketekunann­ya, dia kerap mengikuti pameran produk di area Surabaya dan sekitarnya. Karena itu, dia mengaku harus tetap aktif dan bugar agar bisa menjalani aktivitas tersebut. Untuk melepas penat, Ratna kerap berlibur ke berbagai destinasi wisata di Indonesia dan luar negeri. Misalnya, Vietnam, Singapura, dan lain-lain. Dia mengagenda­kan rutin dalam satu tahun. Bahkan, Ratna sebenarnya merencakan untuk berlibur ke Raja Ampat akhir tahun ini.

’’Tapi karena pandemi belum tahu sampai kapan, jadi masih tentatif waktunya,” ungkapnya. Tidak hanya menikmati pemandanga­n, dia juga kerap menjajal berbagai atraksi wisata sepertisno­rkeling, jet ski, dan lain-lain. Dia menyatakan, berlibur bisa memberikan energi positif agar dirinya kembali semangat untuk mulai bekerja dan berwirausa­ha lagi.

 ?? RATNA FADILAH FOR JAWA POS ?? REFRESHING: Foto dokumentas­i Ratna saat berlibur beberapa waktu lalu.
RATNA FADILAH FOR JAWA POS REFRESHING: Foto dokumentas­i Ratna saat berlibur beberapa waktu lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia