Jawa Pos

Semoga Sudah Matang saat Dibutuhkan

-

INDONESIA dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Perhelatan akbar tersebut akan digelar pada 2021. Harapannya, situasi pandemi Covid-19 makin terkendali atau bahkan virus mematikan itu sudah tidak ada lagi.

Pemerintah telah menetapkan kota-kota yang dipercaya menjadi tempat pertanding­an bagi calon-calon bintang sepak bola dunia itu. Sejumlah pembanguna­n dan perbaikan dilakukan di stadion-stadion yang akan dipakai sebagai venue. Bahkan, di Surabaya dibangun jalan penghubung baru antara tol Surabaya–Gresik dan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Tujuannya, Piala Dunia U-20 bisa berlangsun­g sukses.

Namun, kita tak ingin Indonesia hanya sukses dalam penyelengg­araan, tapi harus juga dalam prestasi. Tentu kita tak bermimpi bisa menjadi juara. Asa itu terlalu tinggi untuk digapai. Tapi, kita juga tak ingin melihat Garuda Muda, julukan timnas U-20 Indonesia, menjadi bulan-bulanan di kandang sendiri.

PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di Indonesia mengambil langkah dengan membawa skuad tersebut ke Kroasia. Awalnya beberapa hasil yang mengecewak­an harus diterima. Bukan hanya kekalahan, begitu banyak gol yang bersarang ke gawang Indonesia U-20. Namun, perlahan tapi pasti, di tangan pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong, permainan Garuda Muda mulai terbentuk. Stamina sudah mampu meladeni permainan cepat ala Eropa dan lini belakang tak lagi keropos.

Terakhir, kita bisa menyaksika­n Rizky Ridho dkk menang atas Makedonia Utara. Memang bukan sebuah negara dengan tradisi sepak bola kuat. Tapi, kita bisa melihat mulai terbentukn­ya permainan sepak bola modern. Permainan cepat dan pressing ketat mampu ditunjukka­n Indonesia di lapangan.

Masyarakat sepak bola tanah air tentu tak ingin hasil penggemble­ngan di Kroasia menguap begitu saja. Sebab, selama ini sudah banyak usaha yang dilakukan PSSI dengan mengirim talenta-talenta muda ke luar negeri, tapi tidak ada hasilnya.

Jangan sampai pengalaman PSSI Garuda I dan II, PSSI Primavera dan Baretti, serta SAD terulang. Kita berharap hasil latihan dan uji coba di negara runner-up Piala Dunia 2018 itu tidak hanya terlihat pada 2021, tapi juga pada tahun-tahun berikutnya. Sebab, kita ingin melihat dan mendengar lagi timnas sepak bola Indonesia menjadi Macan Asia.

 ?? ILUSTRASI: BAGUS/JAWA POS ??
ILUSTRASI: BAGUS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia