Jawa Pos

Munculkan Lagi Video Demo 2019

-

VIDEO tentang aksi demo menolak UU Ciptaker terus berseliwer­an di media sosial. Tapi, hati-hati. Ada pembuat hoax yang menumpang untuk menyebar kegaduhan. Mengambil video kerusuhan lawas, kemudian diklaim sebagai peristiwa yang baru terjadi.

Misalnya, video kerusuhan yang diunggah akun Facebook KAM1 pada 8 Oktober lalu. ”Bandung malam tadi menjadi LAUTAN API,” tulis akun tersebut. Posting-an yang sudah di-share sebanyak 644 kali itu menuai beragam tanggapan. Mayoritas menganggap situasi itu memang terjadi di Bandung, Jawa Barat (bit.do/BandungMal­amTadi).

Narasi singkat itu memang tidak menyebutka­n penyebab munculnya kobaran api di beberapa titik. Namun, karena di-posting pada saat marak aksi demo menolak pengesahan UU Ciptaker 5 Oktober lalu, otomatis netizen menghubung­kan pada peristiwa yang sama.

Tapi, apakah benar kerusuhan dalam video tersebut terjadi di Bandung, Jawa Barat? Memanfaatk­an situs padanan gambar, video yang direkam dari ketinggian itu ternyata bukan peristiwa di Bandung. Melainkan di Jakarta pada 2019.

Kerusuhan itu terjadi di kawasan Senayan. ”Mahasiswa malam ini masih bertahan di sekitar Senayan dan bentrok dengan polisi,” begitu keterangan fanpage Kabar Jakarta pada 24 September 2019. Anda dapat melihatnya di bit.do/KawasanMon­as.

Di YouTube, rekaman itu pernah diunggah kanal milik Winson_ Hutasoit19 pada 24 September 2019. Rekaman berdurasi 30 detik tersebut memperliha­tkan situasi yang sama dengan video yang diunggah akun KAM1.

Mahasiswa dari berbagai elemen dan daerah memang pernah menggelar demo pada September 2019. Mereka menolak perubahan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberanta­san Tindak Pidana Korupsi (revisi UU KPK) dan rancangan aturan lain yang dianggap kontrovers­ial. Aksi massa terjadi di beberapa titik, salah satunya di kawasan Monas dan depan gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Sementara itu, gelombang penolakan pengesahan UU Cipta Kerja beberapa hari terakhir memang juga terjadi di Bandung. Seperti dikabarkan portal pojoksatu.id pada 6 Oktober 2020, aksi yang awalnya damai berujung ricuh di depan gedung DPRD Jawa Barat. Massa yang bentrok dengan aparat merobohkan pagar DPRD.

Massa juga merusak satu unit kendaraan polisi dari Bagian Operasiona­l Polrestabe­s Bandung. Namun, pemandanga­n tentang aksi tersebut tidak seperti video yang diunggah akun KAM1. Anda dapat membaca beritanya di bit. do/DepanDPRDJ­abar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia