Jawa Pos

Harus Tetap Bahagia

-

MESKI harus tinggal di rumah lebih lama sampai waktu yang belum diketahui, lansia harus tetap merasa bahagia. Pasalnya, kebahagiaa­n merupakan salah satu cara untuk menaikkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas manusia. Saat merasa bosan dan minta keluar rumah, protokol kesehatan harus dipatuhi karena kasus terinfeksi Covid-19 masih tinggi.

”Pastikan lansia sehat dan bahagia meski harus tetap di rumah berbulanbu­lan. Jaga agar selalu tenang dan berpikir positif. Bisa dengan membatasi menonton tayangan menyedihka­n dan beralih ke tayangan positif yang membangkit­kan semangat,’’ ujar dosen di Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia IPB Dr Diah Krinaturi.

Pada masa pandemi ini, kalau memungkink­an, batalkan jadwal periksa rutin ke dokter. Namun, lansia harus tetap mengonsums­i obat-obatan yang rutin diminum. ’’Jika suatu ketika lansia memiliki keluhan, usahakan diatasi dulu dengan obat yang ada seperti minyak gosok dan krim antisakit,’’ ucap Diah.

Perhatikan stok kebutuhan pangan atau keperluan pribadi lansia tercukupi karena tidak ada yang tahu kapan Covid-19 bakal berakhir. ’’Sediakan menu konsumsi harian yang tepat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacangkaca­ngan, ikan dengan omega 3, dan perbanyak minum air putih,” lanjutnya.

Untuk mengatasi rasa bosan dan kesepian, usahakan lansia tetap bisa menjalin komunikasi dengan orang lain melalui perbincang­an via telepon atau video call. Tetap aktif bergerak, bekerja, atau berkarya. Walaupun di rumah saja, lansia bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti memasak, membaca, dan menyiram tanaman.

’’Dan yang tidak kalah penting, berdoa dan sabar agar hati menjadi tenang. Jauhi stres. Perbanyak tersenyum dan tertawa karena akan memperbaik­i mental dan fisik secara alami,” ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia