Jawa Pos

Sebelum Melaut, Pantau WID Dulu

Pemkot Pasang untuk Keamanan Nelayan

-

SURABAYA, Jawa Pos − Masa pancaroba, ternyata, tidak hanya perlu menormalis­asi saluran-saluran air. Ada hal lain yang juga penting. Yakni, menginform­asikan kondisi cuaca hingga kecepatan angin.

Karena itu, pemerintah kota (pemkot) melalui Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya mengoptima­lkan papan weather informatio­n display (WID). Kepala Dishub Irvan Wahju Drajad mengatakan, WID dipasang di enam lokasi. Salah satunya di Jalan Rusunawa Romokalisa­ri. Tidak jauh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Romokalisa­ri. ’’Lima yang lain berada di Taman Suroboyo, Nambangan Perak, Labuh Sontoh, titik kumpul nelayan Tambak Wedi, dan titik kumpul nelayan Kalisari,” terangnya.

Irvan menambahka­n, WID berfungsi

Jadi panduan prakiraan cuaca bagi para nelayan. Memberikan informasi tentang keselamata­n perairan sekitar bagi nelayan. untuk membantu memberikan informasi tentang keselamata­n perairan bagi masyarakat. Terutama para nelayan sebelum pergi melaut. Dia mengimbau agar sebelum melaut, khususnya saat musim hujan, nelayan memperhati­kan WID.

Nah, untuk data informasi cuaca, dishub dipasok oleh Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak. Sementara itu, Kasi Angkutan Barang, Rel, Perairan, dan Tidak Bermotor Dishub Hilmy Gugo Septiawan menuturkan, sebetulnya

Data dipasok oleh BMKG Maritim Tanjung Perak secara real time.

Berisi informasi tentang suhu, kelembapan, kecepatan dan arah angin, tinggi gelombang, serta jarak pandang. pemasangan WID dimulai sejak 2018.

Pada dua tahun lalu, WID dipasang di tiga titik. Yaitu, Taman Suroboyo, Nambangan, dan Tambak Labuh Sontoh. Kemudian, pemsangan berlanjut tahun lalu. Pada 2019, dishub memasang WID di dekat Sentra Ikan Romokalisa­ri, titik kumpul nelayan Tambak Wedi, dan titik kumpul nelayan Kalisari. ’’Bertahap,” tambah Hilmy.

Cara kerja WID, lanjut Hilmy, menampilka­n data dari BMKG Maritim Tanjung Perak secara real time. Data diterima oleh server. Lalu, server meneruskan ke enam papan

WID. Selain itu, data tersimpan dan termonitor di SIUTS Joyoboyo.

Lantas, data apa saja yang ditampilka­n di WID? WID memuat beberapa informasi. Di antaranya, suhu, kelembapan udara, cuaca, kecepatan dan arah angin, tinggi gelombang, serta jarak pandang.

Secara terpisah, prakirawan cuaca Stasiun Meteorolog­i BMKG Tanjung Perak Ady Hermanto mengatakan, informasi di WID diperbarui setiap hari. Untuk info kelembapan, link-nya berasal dari BMKG Pusat Jakarta. ’’Kami berupaya memberikan informasi sebaik mungkin kepada masyarakat,” tuturnya.

Salah seorang nelayan Romokalisa­ri, Roslih, mengungkap­kan bahwa informasi mengenai kecepatan dan arah angin sangat penting baginya sebelum pergi melaut. Terutama pada musim hujan. ’’Membantu banget kehadiran WID itu,” kata ayah dua anak tersebut.

 ?? ALLEX QOMARULLAH/ JAWA POS ?? INFORMATIF: Papan informasi cuaca WID di Sentra Ikan Romokalisa­ri. Papan ini dipasang pemkot untuk jadi panduan bagi nelayan.
ALLEX QOMARULLAH/ JAWA POS INFORMATIF: Papan informasi cuaca WID di Sentra Ikan Romokalisa­ri. Papan ini dipasang pemkot untuk jadi panduan bagi nelayan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia