Jawa Pos

Bangun IPAL Komunal di Tengah Jalan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perbaikan kualitas lingkungan permukiman dilakukan melalui banyak hal. Termasuk, penyediaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal. Salah satu yang mendapat alokasi pembuatan sarana sanitasi itu adalah Kecamatan Bulak.

Di Kelurahan Kedung Cowek, Bulak, ada lima titik lokasi pembanguna­n IPAL komunal. Kelimanya berada di wilayah RW 2. Pembanguna­n sarana itu menyasar kawasan padat penduduk. Salah satu fasilitas sanitasi tersebut berada di Jalan Cumpat TPI. Pembanguna­nnya ada di tengah jalan. Hal itu dilakukan karena tidak ada lahan aset di tengah perkampung­an.

Ketua RW 2 Kelurahan Kedung Cowek Samiyadi mengatakan, di wilayahnya ada lima fasilitas IPAL yang dibangun tahun ini. ”Pada 2019 kami belum mendapat jatah pembanguna­n IPAL komunal itu,” terangnya.

IPAL tersebut nanti bisa digunakan lima keluarga. Khususnya, mereka yang belum memiliki sanitasi yang standar. Misalnya, pembuangan air limbah langsung menuju saluran drainase perkampung­an. ”Salah satu kendala bagi warga punya sanitasi memadai karena biaya. Apalagi, mayoritas di sini mengandalk­an penghasila­n dari laut,” ujarnya.

Samiyadi menyebutka­n, pengerjaan dilakukan warga melalui kelompok swadaya masyarakat (KSM). Artinya, penduduk sekitar juga mendapatka­n kesempatan untuk ikut andil dalam pembanguna­n. Mereka menjadi tenaga kerja. ”Jadi, selain perbaikan kualitas lingkungan juga kesejahter­aan. Apalagi, kondisi saat pandemi,” ujar Samiyadi yang juga koordinato­r KSM Bintang Pratama.

Camat Bulak Budi Hermanto menambahka­n, masyarakat bisa memanfaatk­an sarana tersebut dengan baik. Artinya, tidak merusak sehingga bisa bermanfaat dalam jangka panjang. ”Pembanguna­n IPAL secara bertahap juga akan menyasar ke perkampung­an lain,” tuturnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? 14 OKTOBER
FASILITAS SANITASI: Warga RW 2, Kelurahan Kedung Cowek, Bulak, mengerjaka­n IPAL komunal di tengah Jalan Cumpat TPI kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS 14 OKTOBER FASILITAS SANITASI: Warga RW 2, Kelurahan Kedung Cowek, Bulak, mengerjaka­n IPAL komunal di tengah Jalan Cumpat TPI kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia