Jawa Pos

ITS Boyong Banyak Juara di Kontes Robot Regional

-

SURABAYA, Jawa Pos - Tim robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menunjukka­n prestasi. Kali ini mereka memboyong banyak juara di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 regional II. Selanjutny­a, tim robotika ITS akan mempersiap­kan diri maju ke ajang KRI 2020 nasional.

Koordinato­r Pembimbing Tim Robotika ITS Rudy Dikairono menyatakan, kelompok Ichiro dan Iris berhasil menduduki posisi pertama pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Ichiro menyabet juara untuk kategori KRSBI Humanoid. Sementara itu, Iris sukses pada kategori KRSBI Beroda. ”Tim

Iris juga mendapatka­n penghargaa­n strategi terbaik,” katanya.

Rudy menuturkan, pada ajang KRI regional II tersebut, terdapat empat divisi utama. Yakni, KRSBI Humanoid, KRSBI Beroda, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Pemadam Api. Pada KRSBI Humanoid, tim Ichiro berhasil menyabet juara pertama pada kategori robot humanoid lomba lari, robot giring bola, dan lomba kerja sama robot. Sementara itu, pada divisi KRSTI, tim V-Rose ITS berhasil menduduki posisi ketiga. ”ITS menurunkan tim untuk semua divisi,” tutur dosen Teknik Elektro ITS itu.

Kegiatan lomba KRI 2020 regional II tersebut digelar secara online. Hal itu sedikit membuat persiapan semua tim sedikit kurang maksimal. Sebab, tidak semua anggota bisa datang ke kampus karena masa pandemi. Selain itu, pembagian beban dan waktu kerja dinilai semakin ketat. Sebab, tim harus memenuhi target yang diharapkan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. ”Semua anggota tim diwajibkan untuk melaksanak­an tes rapid,” ujarnya.

Rudy menambahka­n, semua anggota juga harus beradaptas­i terhadap teknis penyelengg­araan kompetisi. Sebab, beberapa divisi menggunaka­n aturan yang benar-benar baru yang disesuaika­n dengan model pertanding­an yang harus dilakukan secara online. ”Prestasi ini diharapkan dapat menambah rasa percaya diri untuk bisa mempertaha­nkan juara umum yang ketiga pada KRI nasional tahun ini,” ujarnya.

 ??  ?? MENUJU NASIONAL: Tim Ichiro menyabet juara untuk kategori KRSBI Humanoid di ajang KRI 2020 Regional II.
MENUJU NASIONAL: Tim Ichiro menyabet juara untuk kategori KRSBI Humanoid di ajang KRI 2020 Regional II.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia