Jawa Pos

Persingkat Pemeriksaa­n Barang dengan Sistem Pendaftara­n Tunggal

-

SURABAYA, Jawa Pos - Para pengusaha yang menekuni usaha ekspor-impor barang via Pelabuhan Tanjung Perak bakal semakin mudah. Bea dan Cukai Tanjung Perak bersama Balai Besar Pertanian Surabaya sepakat untuk menerapkan sistem single submission (SSm) atau pengajuan tunggal untuk layanan pemeriksaa­n barang. Program tersebut resmi dioperasik­an setelah diuji coba sejak Juli 2020.

Adanya sistem anyar diklaim mempermuda­h pengiriman barang dan pengusaha. Sebab, prosedur pemeriksaa­n barang yang masuk di pelabuhan akan terpangkas. Pemeriksaa­n lebih efektif.

Kasi Penyuluhan Layanan dan Informasi Bea Cukai Tanjung Perak Alvina Christine Zebua menjelaska­n bahwa sebelumnya pengusaha harus melapor sebanyak dua kali sebelum barangnya diperiksa. Satu laporan ditujukan ke Bea Cukai. Sementara itu, pengiriman dokumen impor lainnya diberikan untuk balai karantina.

”Sekarang cukup sekali mengirim dokumen ke aplikasi. Petugas dari Bea Cukai dan balai karantina akan merespons laporan,” kata Alvina. Dia menjelaska­n bahwa inovasi lahir berkat kerja sama dua instansi. Dengan demikian, ada kemungkina­n jika pemeriksaa­n barang juga dilakukan secara bersama atau joint inspection.

”Dengan adanya pemeriksaa­n bersama-sama, pengusaha tak perlu menumpuk lama barangnya di area pelabuhan. Kegiatan logistik lebih cepat,” kata Alvina. Dia menjelaska­n bahwa sistem terus diperbarui. Saat ini penerapann­ya memang hanya untuk pemeriksaa­n barang impor.

Dari informasi Bea Cukai, adanya

SSm tidak saja mendorong kerja sama antarinsta­nsi. Ada pemangkasa­n penurunan biaya logistik hingga 17 persen. Hal itu diharapkan mendorong antusiasme pengusaha dalam mengirim barang.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya Musyaffak Fauzi menjelaska­n bahwa penerapan SSm merupakan terobosan penting. Tidak hanya bermanfaat bagi kalangan pengusaha. Adanya inovasi diharapkan mendorong perekonomi­an nasional. ”Kami juga mengalami kemudahan dalam bekerja,” kata Musyaffak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia