Jawa Pos

Dirikan Rumah Aspirasi, Bagikan Masker-Makanan Gratis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir mengakibat­kan aktivitas sekolah berjalan secara daring sampai detik ini. Bagi sebagian warga Tambak Asri, Krembangan, kondisi itu terasa memberatka­n. Hidup dengan ekonomi pas-pasan membuat mereka tidak mampu membeli kuota internet. Akibatnya, aktivitas belajar tidak maksimal.

Misalnya, yang dialami Helen Larabela. Siswi kelas IV SDN Asemrowo tersebut sering tidak bisa mengikuti pembelajar­an dari sekolah. Alasannya, tidak mempunyai kuota internet dan tidak mampu membelinya. ”Bisa sekolah kalau punya internet aja,” kata bocah 10 tahun tersebut kemarin (13/10).

Kondisi itu mendorong Komunitas Tolong Menolong mencari inovasi. Guna meringanka­n beban warga, rumah aspirasi didirikan di Jalan Tambak Asri Nomor 187, Krembangan. Rumah aspirasi menjadi wadah para pelajar Tambak Asri untuk menjalani sekolah online. Wifi disediakan secara gratis. Begitu juga perlengkap­an lain. Salah satunya adalah smartphone.

”Saat ini kami sediakan empat smartphone untuk mereka pakai belajar. Sebab, tidak semua pelajar di sini punya handphone,” ujar Ketua Komunitas Tolong Menolong Daniel Lukas Rorong.

Rumahaspir­asididirik­anbersama Elvira Devinamira dan Shafira NoviantiAd­iDwiPutri.Keduanya merupakan donatur utama.

Elvira menjelaska­n, rumah aspirasi didirikan untuk meringanka­n beban masyarakat Tambak Asri. Dia mengakui bahwa pandemi Covid-19 sangatlah berdampak pada perekonomi­an masyarakat. Terutama pada masyarakat berpenghas­ilan rendah (MBR). Mahalnya tarif internet sangatlah memberatka­n mereka. Karena itu, dengan berdirinya rumah aspirasi, Elvira berharap bisa meringanka­n beban seluruh warga. ”Jadi, setiap hari pelajar bisa sekolah di rumah aspirasi,” tutur dia.

Puteri Indonesia 2014 itu mengungkap­kan, rumah aspirasi juga akan didirikan di wilayah lain.

 ??  ??
 ?? AZAMI RAMADAN/JAWA POS ?? TARGET SEMUA GURU: Total, ada 478 guru dan staf sekolah yang akan dites usap oleh Puskesmas Krembangan Selatan.
AZAMI RAMADAN/JAWA POS TARGET SEMUA GURU: Total, ada 478 guru dan staf sekolah yang akan dites usap oleh Puskesmas Krembangan Selatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia