Jawa Pos

Per Hari Angkut 5 Ton Sampah

DKRTH Tambah Personel Satgas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setiap hari petugas dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) bekerja ekstra. Karena itulah, jumlah personel satgas ditambah. Terutama pada sore hari. Upaya tersebut dilakukan lantaran per hari cukup banyak sampah.

Kepala Bidang Kebersihan DKRTH Arif Rusman menyatakan, ada persiapan khusus yang dilakukan menjelang musim hujan. Yakni, menyebar petugas satgas di berbagai titik lintasan air. Termasuk goronggoro­ng di kawasan protokol. ”Pembersiha­n kami masifkan mumpung masih kemarau,” katanya kemarin sore (13/10).

Pihaknya juga menambah personel. Terutama pada sore hari. Tujuannya, berjaga-jaga ketika hujan turun. Saat mendung mulai terlihat, mereka sudah tersebar di berbagai titik. Terutama di area yang rawan genangan. Nah, tugasnya nanti adalah membersihk­an goronggoro­ng dan saluran air. Sebab, genangan terjadi akibat penyumbata­n. ”Jadi, yang sif pagi dikurangi dan dipindah ke sif siang,” terangnya.

Apalagi, sampah di saluran berasal dari berbagai macam. Mulai kasur, plastik, hingga popok sekali pakai. Itulah yang mengakibat­kan saluran tersumbat. Menurut Arif, satgas tidak hanya disiagakan di saluran jalur pedestrian. Tetapi juga di beberapa pintu air. Misalnya, di sekitar Pasar Keputran.

Ketika hujan mengguyur dan volume air naik, petugas bisa membersihk­an atau mengangkat sampah sekitarnya. Sebab, bisa jadi sangat banyak sampahnya. Kondisi itu tentu mengkhawat­irkan lantaran mesin pompa bisa rusak atau mengalami trouble.

Arif menuturkan, volume sampah pada musim kemarau juga tidak jauh berbeda. Sebab, dalam sehari, untuk wilayah Surabaya Selatan, ada 4–5 ton sampah. Belum lagi dari wilayah lain. Kalau ditotal, sehari terdapat lebih dari 10 ton sampah.

Jumlah tersebut bakal bertambah saat musim hujan. Mengingat, semua sampah akan hanyut terbawa air. Karena itu, sekarang waktu yang tepat untuk membersihk­an semua saluran air. Termasuk gorong-gorong di kawasan jalan protokol. Dengan begitu, ketika musim hujan tiba, saluran bisa lancar. Genangan pun segera surut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia