Jawa Pos

Selasa Pekan Depan Mulai Tata Koleksi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan interior Museum Olahraga sedang dikebut. Dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman cipta karya dan tata ruang (DPRKP CKTR) memastikan pengerjaan interior dan penataan sirkulasi udara sudah rampung saat koleksi ditata minggu depan.

Kabid Bangunan dan Gedung DPRKP CKTR Surabaya Iman Krestian menyatakan, saat ini pengerjaan berfokus pada bagian interior ruangan. Baik di lantai 1 maupun 2. Tahapan itu meliputi pengerjaan pada dinding serta penataan sirkulasi udara dan lampu ruangan. ”Ini dikonsep mirip Museum Pendidikan,” terangnya kemarin siang (13/10).

Pengerjaan­nya dibagi di dua lokasi. Yakni, workshop dan Museum Olahraga. Iman menjelaska­n bahwa pembuatan meja dan mebel lainnya dilakukan di tempat workshop. Yang berkaitan dengan gedung dikerjakan langsung di lokasi.

Contohnya, pembanguna­n dinding dan pemasangan air conditione­r (AC).

Dengan begitu, pada Selasa mendatang (20/10), lantai 1 atau 2 sudah bisa dimasuki barang koleksi. Semua perlengkap­an yang sudah dibuat dan bagian pendukung lainnya juga siap dimasukkan.

Hanya, kata Iman, barang koleksi akan ditata dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar). Pihaknya hanya memfasilit­asi tempat untuk meletakkan barang museum. Begitu pun naskah informasi untuk barang koleksi. Nanti yang mengurusi naskah informasi adalah dinas perpustaka­an dan kearsipan (dispusip).

Iman menuturkan, penataan koleksi bakal menyesuaik­an cabang olahraga masing-masing. Saat ini terdapat 16 cabang olahraga sumbangan 29 atlet.

Nah, bagian lorong akan dikonsep sebagai ruang terbuka sekaligus tempat tunggu pengunjung. Di sana ada pula alat proyektor. Fungsinya, menampilka­n profil para atlet yang barangnya dipajang di dalam museum.

Iman optimistis semuanya bisa rampung sebelum 28 Oktober. Dengan begitu, peresmian juga bisa segera dilakukan.

 ??  ??
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TENGGAT 20 OKTOBER: Bangunan fisik Museum Olahraga sudah selesai digarap. Kini tinggal fokus ke interior.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TENGGAT 20 OKTOBER: Bangunan fisik Museum Olahraga sudah selesai digarap. Kini tinggal fokus ke interior.
 ??  ??
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? AGAR TAK BANJIR: Petugas mengambili sampah. DKRTH menyiagaka­n banyak personel untuk mengangkut sampah yang kian meningkat.
DIPTA WAHYU/JAWA POS AGAR TAK BANJIR: Petugas mengambili sampah. DKRTH menyiagaka­n banyak personel untuk mengangkut sampah yang kian meningkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia