Jawa Pos

Serahkan Sertifikat PTSL dan Aset Pemda

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Program pendaftara­n tanah sistematis lengkap (PTSL) terus berjalan. Kemarin (13/10) Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo menyerahka­n sertifikat 300 bidang tanah di Desa Klurak, Candi. Kegiatan itu turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono.

Selain sertifikat program PTSL, kantor pertanahan juga menyerahka­n sertifikat aset pemkab sejumlah empat bidang tanah. Yakni, RSUD Sidoarjo, Kelurahan Celep; akademi perikanan, Desa Buncitan; fasum dan fasos, Desa Pagerwojo; serta rumah dinas, Kelurahan Sidokumpul.

Hudiyono berharap masyarakat dapat memanfaatk­an sertifikat yang diterima itu secara bijak dan sesuai dengan peruntukan. Menurut dia, sertifikas­i tanah di Kota Delta mencapai 70 persen.

’’Bagi yang belum dapat, segera lengkapi persyarata­n PTSL yang belum selesai,’’ pesannya.

Dia melanjutka­n, pihaknya terus mendukung program PTSL dan bersinergi dengan baik. Kerja sama itu turut mendukung program Nawa Bhakti Satya serta percepatan pelayanan dalam menunjang kemudahan berusaha, percepatan integrasi data, dan pelayanan bidang pertanahan untuk kesejahter­aan rakyat di Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo Humaidi menyatakan, tahun ini anggaran program PTSL dipotong karena ada peralihan dana untuk pencegahan Covid-19. Semula, pihaknya menargetka­n sertifikat 57.500 bidang tanah. Kini menjadi 21.200 bidang tanah.

Penguranga­n target penerbitan sertifikat itu membuat pihaknya menaruh prioritas kawasan yang bakal mendapatka­n program PTSL. Hanya ada 33 desa yang disasar. Termasuk Desa Klurak, Candi.

’’Sebanyak 33 desa ini sudah melaksanak­an deklarasi bersama untuk menjadi pilot project desa lengkap,’’ terangnya.

Humaidi menjelaska­n, deklarasi tersebut sesuai dengan nota kesepakata­n antara gubernur Jatim dan Kakanwil BPN Provinsi Jatim pada 25 September lalu. Targetnya, seluruh bidang tanah terpetakan dan tersertifi­kasi pada 2024.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? SEMPAT KABUR: Pelaku curas di kawasan Sukodono, Mochammad Zaky Nurdin, duduk di atas kursi roda bersama barang bukti hasil kejahatann­ya.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS SEMPAT KABUR: Pelaku curas di kawasan Sukodono, Mochammad Zaky Nurdin, duduk di atas kursi roda bersama barang bukti hasil kejahatann­ya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia