Jawa Pos

Sampaikan Pesan Kesabaran dan Kekuatan saat Pandemi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Deretan lukisan di kanvas terlihat di galeri milik seniman Sentot Usdek Hidayat di Jalan MH Thamrin, Sidoarjo. ’’Itu karya terbaru untuk menyoroti fenomena pandemi,’’ kata Sentot sambil menunjukka­n lukisan dengan rupa Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dia mengeluark­an sejumlah karya sketsa dan lukisan terbaru saat pandemi yang rencananya dipamerkan dalam waktu dekat.

Sentot lantas menjelaska­n karya-karya terbarunya. Menurut dia, fenomena adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi Covid-19 menarik untuk disorot. Misalnya, harus mengenakan masker dan menjaga jarak. Semua orang harus mematuhiny­a untuk memutus rantai persebaran virus. Salah satu karya Sentot yang terinspira­si hal itu adalah lukisan rupa Donald Trump.

Dari lukisan tersebut, Sentot ingin menyampaik­an sebuah pesan. Yakni, mematuhi protokol demi kebaikan bersama. ’’Ibaratnya, presiden negara adidaya seperti Amerika Serikat bisa terinfeksi, apalagi orang biasa,’’ ujar pemilik galeri Dian@art Studio itu.

Ada lukisan lain dengan tema senada. Yakni, rupa kakek tua yang terlihat mendorong sepeda yang mengangkut dua keranjang. Tampak lelah, namun terlihat guratan semangat di wajahnya. Sentot menerangka­n, rupa tersebut menyampaik­an pesan tentang tantangan kehidupan. Yang harus dilalui dengan kesabaran dan kekuatan. ’’Apalagi saat pandemi seperti sekarang. Makin banyak orang yang ekonominya terpuruk. Masingmasi­ng harus sabar dan kuat,’’ ucap founder Delta Art Forum itu.

Karya-karya tersebut dilukis selama masa pandemi. Total ada 75 karya sketsa dan beberapa lukisan dari cat akrilik untuk menyoroti fenomena pandemi. Baik tentang perilaku manusia maupun kehidupan sosialnya. Rencananya, karya-karya itu dipamerkan dalam waktu dekat pada sebuah pameran tunggal. ’’Sekarang aktif ikut pameran di Bursa Seni Sidoarjo. Hampir setiap minggu bersama rekan-rekan seniman lainnya,’’ imbuhnya.

 ??  ??
 ?? SENTOT USDEK FOR JAWA POS ?? KARYA: Sentot Usdek duduk di antara lukisanluk­isan karyanya. Meski pandemi, dia masih aktif mengikuti pameran. Virtual maupun offline.
SENTOT USDEK FOR JAWA POS KARYA: Sentot Usdek duduk di antara lukisanluk­isan karyanya. Meski pandemi, dia masih aktif mengikuti pameran. Virtual maupun offline.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia