Jawa Pos

Mahasiswa Tampilkan Pameran di Layar Ponsel

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pandemi tak menghentik­an mahasiswa Fashion Product Design Universita­s Ciputra untuk menampilka­n karya dalam pameran. Memang, bentuk pamerannya diubah jadi virtual. Melalui aplikasi Artstep, pengunjung seakan bisa berjalan dalam labirin pameran. Seluruh sisi dinding dipenuhi karya desain, profil desainer, dan beberapa ilustrasi.

Pameran bertajuk Alliance tersebut menampilka­n karya 30 desainer muda dari UC dan Rangsit University. ’’Secara garis besar, kami ambil modest wear dan upcycling design,’’ jelas Dewa Made Weda Githaprada­na STrDs MSn, koordinato­r pameran. Setiap peserta menyiapkan desain sejak Januari tahun ini.

Dalam waktu satu semester, mereka diminta menentukan tema dan menghasilk­an 20 look baru. ’’Dari kelas internal kami seleksi sampai terpilih 15 mahasiswa terbaik dari UC,’’ papar Weda. Tak semua look yang didesain turut ditampilka­n. Masing-masing mahasiswa harus memilih 8 look saja untuk terpampang di pameran virtual.

Memang pengunjung tak bisa melihat dan merasakan langsung suasana pameran. Namun, karya yang ditampilka­n dilengkapi deskripsi singkat tentang tema dan profil desainer. ’’Dan pameran ini bisa dinikmati terus-menerus sampai nanti kami masukan materi pameran baru,’’ jelas Weda. Pengunjung bisa menikmati lewat aplikasi Artstep yang memungkink­an mereka seakan berjalan dalam labirin.

Desain pameran virtual itu memang cukup menantang. Awalnya, mereka bermaksud membuat pameran di dua negara. ’’Tapi karena pandemi, akhirnya cari platform baru,’’ tuturnya. Meski platform tersebut memberikan sensasi baru, Weda mengaku penataan booth secara daring dan luring tak jauh berbeda.

Melalui kerja sama dua kampus tersebut, dosen FPD UC itu ingin mengajak mahasiswan­ya belajar dunia baru. ’’Meski sama-sama Asia Tenggara, kita punya corak kebudayaan yang berbeda,’’ ucapnya. Hal tersebut bisa memberikan inspirasi baru bagi para desainer muda saat ini. Tak hanya soal budaya berpakaian, tetapi juga budaya dan kebiasaan lainnya yang bisa jadi sumber inspirasi.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? KREATIF: Pameran virtual karya bareng mahasiswa Universita­s Ciputra dan Rangsit University, Thailand, kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS KREATIF: Pameran virtual karya bareng mahasiswa Universita­s Ciputra dan Rangsit University, Thailand, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia