Jawa Pos

Bisa Ajukan Perantinga­n Gratis

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pemerintah kota (pemkot) melalui dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatka­n pelayanan perantinga­n pohon. Tanpa dipungut biaya.

Plt DKRTH Anna Fajriatin mengatakan, dalam setahun, biasanya permohonan yang masuk ke dinas mencapai 100 titik lokasi perantinga­n. Dia mengungkap­kan, pelayanan perantinga­n dapat dimanfaatk­an dengan baik oleh masyarakat. ’’Syaratnya cukup mudah kok,” katanya.

Pemohon, lanjut mantan camat Gunung Anyar itu, cukup menyerahka­n surat permohonan perantinga­n beserta lampiran foto pohon. Lalu, fotokopi KTP pemohon dan nomor handphone.

Jadwal perantinga­n akan dikabarkan secepatnya oleh DKRTH kepada masyarakat.

Anna menyatakan, perantinga­n bisa mencegah adanya pohon tumbang. Pihaknya berusaha agar tidak ada insiden yang fatal dari pohon tumbang di musim hujan. Lantas, berapa tinggi pohon yang bisa diajukan untuk diranting DKRTH? ’’Tidak ada minimal untuk pencegahan pohon tumbang ya. Asal dilihat saja, apakah pohonnya sudah terlalu tinggi?” terangnya.

Meski tidak ada batas minimal tinggi pohon, tim perantinga­n tak boleh asal-asalan dalam meranting. Anna mengungkap­kan, teknik perantinga­n tetap diperhatik­an. Ada beberapa pohon yang dipangkas meja. Artinya, mengurangi banyak daun dan rantingnya.

Di sisi lain, ada juga pohon yang dipangkas dengan tetap seimbang kanan serta kiri. ’’Dan bagaimana caranya supaya angin bisa tetap masuk di sela-sela daun,” imbuh Anna.

Menurut dia, bukan hanya pohon di pinggir jalan yang masuk daftar permohonan perantinga­n. Dia menuturkan, beberapa kawasan perumahan hingga sekolah juga ikut mengajukan permohonan perantinga­n.

Sementara itu, hingga kemarin perantinga­n di kawasan Jalan HR Muhammad terus berlangsun­g. Beberapa pohon, tepatnya di dekat patung kuda dan depan kantor Kecamatan Dukuh Pakis, tampak telah rapi. Ranting bekas diangkuti oleh tim ke atas truk.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? ANTISIPASI: Petugas DKRTH melakukan perantinga­n di Jalan HR Muhammad sebagai upaya preventif di musim hujan.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS ANTISIPASI: Petugas DKRTH melakukan perantinga­n di Jalan HR Muhammad sebagai upaya preventif di musim hujan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia