Jawa Pos

Jaga Gresik Aman dan Damai, Gelar Deklarasi Antianarki­s

-

GRESIK, Jawa Pos – Gelombang unjuk rasa menolak UndangUnda­ng (UU) Cipta Kerja atau Omnibus Law sudah mereda. Namun, sebagai bentuk antisipasi untuk tetap menjaga kondusivit­as daerah, kemarin (16/10) jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gresik mengadakan deklarasi antianarki­s di kantor bupati.

Hadir dalam deklarasi itu, Pj Sekda Abimanyu Pontjoatmo­jo, Kapolres AKBP Arief Fitrianto, Kasdim 0817/Gresik Mayor Inf Sugeng, dan beberapa tokoh organisasi masyarakat. Mereka membacakan naskah deklarasi yang antara lain berbunyi menjaga kondusivit­as keamanan, ketertiban masyarakat, dan antianarki­s. Selain itu, mengutuk keras segala bentuk anarkissme dan vandalisme karena tidak sesuai dengan budaya dan citacita luhur bangsa Indonesia.

Menurut Arief, keberhasil­an pembanguna­n di Gresik telah dirasakan seluruh masyarakat. Karena itu, sangat perlu untuk saling menjaga serta mengantisi­pasi tindakan maupun kegiatan oknum yang berpotensi mengganggu kondusivit­as di Gresik secara bersama-sama. ’’Kami mengajak semua pihak untuk mengantisi­pasi banyaknya pemberitaa­n hoaks,’’ ujarnya.

Dia menyebut berita-berita hoaks itu boleh jadi sengaja disebarkan pihak yang tidak bertanggun­g jawab guna menciptaka­n situasi yang tidak aman. ’’Kami berharap kepada semua pihak untuk tidak terprovoka­si serta senantiasa menjaga kondusivit­as di Kabupaten Gresik,’’ ucapnya.

Abimanyu menambahka­n, pemkab sangat mendukung kegiatan deklarasi antianarki­s tersebut. Dia menilai sejauh ini tingkat kondusivit­as Kabupaten Gresik sangat tinggi dan tergolong aman. Iklim yang aman dan tenang itu tentu juga berpengaru­h terhadap tingkat investasi di daerah. Karena itu, pihaknya ingin sinergisit­as semua elemen tersebut terus diperkuat.

’’Dengan imbauan dari Bapak Kapolres maupun Bapak Kapolda untuk menyelengg­arakan deklarasi antianarki­s ini, mari kita dukung secara bersama-sama. Jangan sampai terjadi kerusuhan, khususnya di Kabupaten Gresik,’’ terangnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? PERSUASIF: Jajaran Forkopimda Gresik menggelar deklarasi antianarki­s di kantor bupati kemarin.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS PERSUASIF: Jajaran Forkopimda Gresik menggelar deklarasi antianarki­s di kantor bupati kemarin.
 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? MELANGGAR: Kendaraan yang berhenti di area larangan untuk parkir.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS MELANGGAR: Kendaraan yang berhenti di area larangan untuk parkir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia