Jawa Pos

ITS Fokus Inovasi Kecerdasan Buatan dan Kesehatan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kecerdasan buatan dan kesehatan menjadi salah satu bidang yang selalu dibutuhkan. Baik saat ini maupun masa depan. Karena itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mendirikan Pusat Unggulan Ipteks-Artificial Intelligen­ce for Healthcare and Society (PUIAIHeS). Kampus di kawasan Sukolilo tersebut akan semakin fokus pada dua hal tersebut.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari menyatakan, kecerdasan artifisial memiliki peran yang sangat strategis dan cakupan yang luas. PUI-AIHeS didirikan dengan target dapat memenuhi technology readiness level (TRL) dan commercial readiness level (CRL). ”Itu mencakup beberapa poin. Mulai ide, konsep, pembuktian teori, penciptaan prototipe, sertifikas­i, hingga produksi masal,” katanya.

Ashari menuturkan, pada 2021, ITS akan berfokus untuk bidang kesehatan dan kecerdasan artifisial. Harapannya, PUI-AIHeS juga dapat berkolabor­asi dengan pusat riset, pusat kajian, dan seluruh laboratori­um di ITS untuk menghasilk­an inovasi. ”Bisa dengan membentuk konsorsium, menentukan topik untuk dikerjakan, dan hilirisasi untuk menghasilk­an produk baru,” tutur guru besar teknik elektro itu.

Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS

Agus Hatta menambahka­n, pusat unggulan iptek memiliki karakteris­tik spesifik menjadi pilihan yang sangat tepat. ”Sebab, kecerdasan artifisial telah menjadi topik penting di Industrial Revolution 4.0 dan Society 5.0,” katanya.

Dia berharap, PUI-AIHeS dapat berkontrib­usi dalam pengembang­an industri yang berbasis AI di skala nasional. ”Meski tidak memiliki rumah sakit, ITS dapat bekerja sama dengan berbagai rumah sakit untuk memajukan inovasi di bidang kesehatan,” ujarnya.

Kepala PUI-AIHeS Endroyono menuturkan, PUI-AIHeS memiliki lima program pengembang­an. Yakni, penguatan kelembagaa­n, peningkata­n ekselensi, pengomersi­alisasian, perumusan isu serta riset strategis, dan kerja sama dengan industri. Ke depan, PUI tersebut diharapkan dapat menjadi pusat dan rujukan dalam pengembang­an teknologi di bidang kecerdasan artifisial untuk bidang kesehatan. Baik untuk kepentinga­n skala nasional maupun internasio­nal.

”Diresmikan­nya PUI-AIHeS ini menjadi bagian dari ITS dalam mendukung tercapainy­a program ITS ID 4.0,” katanya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? Prof Mochamad Ashari
ROBERTUS RISKY/JAWA POS Prof Mochamad Ashari

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia