Jawa Pos

Dua Pekan, Bekuk Sembilan Begal Motor

-

SURABAYA, Jawa Pos - Sembilan begal yang duduk di halaman Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak hanya terdiam ketika dirilis di depan awak media kemarin. Mereka ditangkap sejak awal hingga pertengaha­n Oktober ini. Mereka diringkus di beberapa TKP di Surabaya Utara.

Kasatreskr­im Polres Pelabuhan Tanjung Perak Iptu M. Gananta menyebutka­n, ada salah seorang begal yang tertangkap dalam operasi rutin di kawasan Suramadu. Saat itu polisi mendapati satu pengendara yang kebetulan membawa senjata tajam.

”Langsung kami bawa ke mako untuk didalami,” katanya kemarin (16/10). Saat dilakukan pendalaman, tersangka berinisial EM itu ternyata memiliki kaitan dengan kasus kriminalit­as. Dia terdata pernah melakukan pencurian sepeda motor dengan kekerasan.

Ketika ditanya, laporan polisi (LP) mana saja yang telah menerbitka­n kasus tersebut, Gananta menyebutka­n bahwa ada beberapa daerah. Di antaranya, Gresik, Lamongan, Surabaya, dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

”Mengakunya, dia baru delapan kali. Tapi, masih kami dalami. Sekalian penadahnya juga sedang kami cari,” jelasnya. Dari pengembang­an kasus EM tersebut, Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak menangkap beberapa orang yang terkait.

EM terakhir diketahui membegal motor milik driver ojek online. EM berangkat dari Madura bersama saudaranya. Sesampainy­a di Surabaya, dia memesan ojek online melalui aplikasi. Dia minta diantar ke kawasan Margomulyo.

Sang korban, Joedo Winarno, menceritak­an, sesampainy­a di Margomulyo, EM memintanya untuk berhenti di sebuah gang yang sepi. Setelah berhenti, kata dia, EM sempat membentak untuk menyerahka­n ponsel dan dompet miliknya. Sebelum itu, tersangka EM mengambil paksa kunci motor milik korban.

”Minta semuanya. Saya sempat menolak, lalu dia mengeluark­an celuritnya,” ungkapnya. Pria 52 tahun itu mengaku sempat ketakutan ketika EM mengeluark­an celurit. Tak berselang lama, tersangka langsung menyabetka­n celurit di dadanya, ponsel miliknya itu dikalungka­n. ”Luka sedikit di dada saya. Setelah dapat, pelaku langsung kabur,” imbuhnya. Gananta mengungkap­kan, secara tidak langsung barang bukti kendaraan itu sudah diserahkan kepada pemilik masing-masing. Namun, statusnya masih pinjam pakai untuk keperluan persidanga­n hingga selesai nanti. ”Sebagian BB dikembalik­an ke pemilik. Ada dua. Tujuh lainnya, kami upayakan untuk menghubung­i pemiliknya,” pungkasnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA PO ?? PARA PELAKU KEJAHATAN: Deretan begal yang ditangkap tim Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak selama Oktober ini.
AHMAD KHUSAINI/JAWA PO PARA PELAKU KEJAHATAN: Deretan begal yang ditangkap tim Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak selama Oktober ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia