Jawa Pos

Serunya Jadi Arsitek Busana Anjing

Ada Shiro, Petto, dan Usagi. Di hadapan tiga Pekingese menggemask­an itu, duduklah Aymee Sidarta sambil senyum-senyum.

-

DIA adalah desainer pakaian tiga anjing yang diasuh Johan Wijaya dan Steffi Karsono itu. Kemarin siang (17/10) mereka janjian fitting baju.

’’Gampang-gampang susah,’’ ungkap Aymee tentang profesinya sebagai desainer baju anjing. Ada saja kejadian yang membuat dia tak pernah bisa melupakan momen saat mendandani anjing. Khususnya tiga anak asuh Johan dan Steffi itu.

Petto pernah membuat Aymee repot pada Maret 2018. Ketika itu, anjing berbulu putih tersebut ikut

fashion show. Sang pawrent, Steffi, jelas tak mau setengah-setengah. Maka, didapuklah Aymee sebagai desainer. Gaun pink dengan ornamen bulu-bulu dipilih Steffi sebagai kostum Petto. Ada aksen ekor panjang pada kostum itu. Tentu saja, sarat hiasan bulu pula.

’’Ini mungkin yang paling ribet. Kalau motong kain bulu itu, bulunya terbang ke mana-mana. Sampaisamp­ai serumah bulu semua,’’ kenang Aymee saat dijumpai di kawasan CitraLand kemarin.

Meskipun ribet, alumnus Arsitektur UK Petra itu tak butuh waktu lama untuk menyelesai­kan gaun Petto. ’’Ngerjainny­a bener-bener mepet. Kayaknya, semalam

udah jadi ekornya itu,’’ ujar Aymee. Setelah urusan ekor dan bulu-bulu beres, sisa proses pembuatan gaun pun gampang saja.

Esoknya, gaun itu dipakai Petto untuk berlenggak­lenggok di catwalk. Nah, Aymee beralih profesi dari desainer menjadi fotografer. Itu merupakan bentuk dukungan Aymee untuk Steffi dan Johan, pawrent

Petto yang sekaligus teman baiknya.

Selama menekuni profesi sebagai pet fashion designer, pengalaman apa yang

paling emosional buat Aymee? ’’Waktu itu sempat ada baju pesanan yang

udah jadi, tapi ada bagian yang kotor kena tanda jahitan,’’ ungkapnya. Demi kesempurna­an, dia pun berinisiat­if mencuci bagian yang kotor itu.

Tapi, setelah dicuci, ternyata noda penanda jahitan itu malah melebar ke mana-mana. ’’Aku coba kucek. Eh, kainnya makin rusak. Mau nangis rasanya,’’ kata Aymee. Kini, kejadian itu bisa dia kenang sambil tertawa-tawa.

Selain soal kain, perempuan 25 tahun tersebut juga sering dibikin pusing karena klien. Ya, anjing-anjing lucu yang jadi pelanggann­ya. ’’Kalau dibuat ukuran S, M, L itu

nggak bakal bisa. Soalnya, proporsi setiap jenis juga berbeda. Ada yang kakinya pendek, kurus, atau lehernya kecil. Ketebalan bulu juga macam-macam,’’ jelasnya.

Karena itu, Aymee selalu melebihi ukuran pada bagian-bagian tertentu. Itu untuk mempermuda­h pemakaian baju dan menghindar­i kesempitan. Sebab, sering kali saat tiba waktunya fitting, ukuran tubuh para klien sudah berubah. ’’Kayak baju udah jadi, tapi ternyata anjingnya

gemukan. Akhirnya mesti benerin lagi,’’ ceritanya. Aymee yang kini berkecimpu­ng di dunia fashion anjing mengaku belajar secara otodidak. Dulu, dia memang pernah ikut kursus

fashion selama sebulan. Tapi, itu fashion untuk manusia. Bukan anjing.

Aymee menjadi percaya diri setelah sukses membuatkan pakaian untuk anjing salah seorang teman. ’’Terus, iseng saya upload di

Instagram. Ternyata banyak yang suka,’’ ucap owner Petiquet tersebut.

Dari otodidak dan iseng, dia kini menekuni aktivitas yang jauh berbeda dengan bidang ilmunya di dunia arsitektur. Dan, banyak pakaian rancangann­ya yang memenangi fashion show atau kompetisi kostum.

 ?? AYMEE SIDARTA FOR JAWA POS ?? BEGINI CARANYA: Aymee menunjukka­n proses pembuatan pakaian untuk klien-klien berbulunya. Mulai dari mengukur badan sampai menjadi kostum yang keren.
AYMEE SIDARTA FOR JAWA POS BEGINI CARANYA: Aymee menunjukka­n proses pembuatan pakaian untuk klien-klien berbulunya. Mulai dari mengukur badan sampai menjadi kostum yang keren.
 ?? POS DIMAS MAULANA/JAWA DIMAS MAULANA/JAWA POS ??
POS DIMAS MAULANA/JAWA DIMAS MAULANA/JAWA POS
 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? HASIL KARYA: Pose bersama klien menjadi kebiasaan Aymee setelah menuntaska­n misinya sebagai pet fashion designer.
DIMAS MAULANA/JAWA POS HASIL KARYA: Pose bersama klien menjadi kebiasaan Aymee setelah menuntaska­n misinya sebagai pet fashion designer.
 ?? AYMEE SIDARTA FOR JAWA POS ?? TOO CUTE: Dua pudel klien Aymee memamerkan cape yang membuat penampilan mereka lebih menggemask­an.
AYMEE SIDARTA FOR JAWA POS TOO CUTE: Dua pudel klien Aymee memamerkan cape yang membuat penampilan mereka lebih menggemask­an.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia