Jawa Pos

Salurkan Rp 11,3 M untuk Modal Kerja Petani Tebu

-

SURABAYA, Jawa Pos - Petani tebu didorong untuk meningkatk­an produktivi­tas. Karena itu, PT Asuransi Kredit Indonesia atau PT Askrindo, anggota Holding Perasurans­ian dan Penjaminan, Indonesia Financial Grup (IFG) memberikan pembiayaan kepada petani tebu.

Bentuk pembiayaan yang bekerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI itu berupa Dana Program Kemitraan BUMN. Direktur Kepatuhan dan SDM PT Askrindo Kun Wahyu Wardana menyatakan, dana yang disalurkan dalam program tersebut sebesar Rp 11,3 miliar yang terbagi untuk 208 petani tebu.

”Program itu bagian dari upaya meningkatk­an produktivi­tas tebu dan pendapatan petani serta dapat mendorong percepatan terwujudny­a swasembada gula nasional,” ucapnya kemarin (28/12).

Direktur PTPN XI R. Tulus

Panduwidja­ja menambahka­n, jumlah mitra petani tebu yang bergabung dalam program tahunan terus bertambah tiap tahun. Kerja sama antara Askrindo dan PTPN XI berlangsun­g sejak 2015. ”Diharapkan kesejahter­aan petani terus terjaga serta mendukung ketahanan pangan gula nasional,” paparnya

SEVP Business Support PT Perkebunan Nusantara XI Subagyo menyebutka­n, penyaluran dana program kemitraan berupa modal kerja dan digunakan untuk membiayai kegiatan usaha budi daya tanaman tebu. Modal kerja itu disalurkan pada 123 petani tebu PG Redjosarie dan Poerwodadi­e untuk masa tanam 2020–2021.

”Modal kerja ini paling dibutuhkan para petani tebu. Harapan kami, dapat membantu petani dan berdampak pada ketersedia­an bahan baku tebu, baik kuantitas maupun kualitas, untuk giling 2021,” urainya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia