Jawa Pos

Hoax Istora Senayan Jadi Lokasi Karantina

-

AKUN Facebook Harry Gunadi membagikan kabar yang mengejutka­n kemarin (28/12). Dia menulis bahwa gedung Wisma Atlet di Jakarta sudah dipenuhi pasien Covid-19. Istora Senayan juga dijadikan tempat isolasi pasien. Kabar itu dilengkapi video gedung olahraga yang dijadikan lokasi karantina kesehatan.

’’Wisma atlet penuh, Istora Senayan dipakai utk isolasi pasien Covid-19. Beginilah suasana di Istora Senayan JKT.’’ Demikian narasi yang ditulis akun Facebook Harry Gunadi (bit.do/IstoraSena­yan).

Video berdurasi 33 detik itu memang memperliha­tkan suasana karantina pasien Covid-19 di sebuah gedung olahraga. Para pasien beristirah­at di atas lantai berwarna cokelat. Duduk di matras dengan jarak yang teratur, sesuai protokol pencegahan penularan Covid-19. Sejumlah petugas berpakaian hazmat tampak lalu-lalang di ruangan tersebut. Ada pula kawat berduri yang dipasang di pagar pembatas bangku penonton dengan lapangan yang menjadi lokasi karantina.

Anehnya, tak ada satu pun media mainstream di Indonesia yang memberitak­an kabar itu. Sama sekali tidak ditemukan berita resmi bahwa Istora Senayan dijadikan tempat karantina pasien Covid-19.

Penelusura­n dengan memanfaatk­an situs padanan gambar menunjukka­n bahwa video pendek itu bukan rekaman kejadian di Indonesia. Video serupa pernah diunggah akun Facebook Kuantan Malaysia pada 17 Desember 2020. Pemilik akun menyebutka­n bahwa gedung olahraga yang dijadikan tempat karantina itu berada di Kuantan, Pahang, Malaysia. Anda dapat melihatnya di bit.do/StadionMal­aysia.

Portal berita asal Malaysia, hmetro.com.my, pernah mengunggah foto persiapan lokasi karantina di stadion tersebut. Lokasinya sama persis dengan video yang diunggah oleh akun Harry Gunadi, meski belum ada pasiennya. Foto itu melengkapi berita yang berjudul 312 Pesakit Covid-19 Ditempatka­n di PKRC Sukpa, MAEPS.

Berita yang diunggah pada 16 Desember 2020 tersebut menjelaska­n, ada 312 pasien Covid-19 asal Pahang yang ditempatka­n di Pusat Kuarantin dan Rawatan Covid-19 (PKRC) Stadium Tertutup, Kompleks Sukan Pahang (Sukpa), dan Taman Ekspo Pertanian Malaysia Serdang (MAEPS), Selangor.

Pengarah Majlis Keselamata­n Negeri (MKN) Pahang Mohd. Zairasyahl­i Shah Zakaria menyebutka­n, 168 pasien ditempatka­n di Sukpa dan 144 pasien dirawat di MAEPS. Seluruh pasien adalah laki-laki, dari klaster Genting, klaster Bentong dan Kuala, Kuantan. Anda dapat membacanya di bit.do/StadionSuk­pa.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia