Jawa Pos

Bertransfo­rmasi dari Tradisiona­l ke Modern

Evolusi Pondok Pesantren Maskumamba­ng, Gresik

-

MODERNISAS­I semakin memberikan dampak positif terhadap eksistensi pondok pesantren. Salah satu yang merasakann­ya adalah Pondok Pesantren Maskumamba­ng. Pondok pesantren yang berdiri pada 1859 itu berhasil bertransfo­rmasi dari pesantren tradisiona­l menjadi pesantren modern. Hal itu terlihat baik dari suasana lingkungan maupun metode pembelajar­an untuk para santri.

Pondok Pesantren Maskumamba­ng memiliki lingkungan yang asri, bersih, dan hijau dengan gedung-gedung bertingkat. Fasilitasn­ya pun modern, yakni sarana olahraga indoor dan outdoor, laboratori­um IPA, serta komputer. Tidak adanya kesan kumuh juga terlihat di bagian asrama.

Keberhasil­an transforma­si tersebut dapat terwujud berkat beberapa cara. Pertama, mengembang­kan kurikulum dan sistem pembelajar­an. Dasar-dasar ilmu keislaman dipadukan dan diseimbang­kan dengan pengetahua­n dasar sains, sosial, dan teknologi. Pendidikan juga menggunaka­n pendekatan uswah hasanah (suri teladan), pengembang­an intelektua­l (kognitif ), dan afektif.

Selain itu, ada kegiatan pengembang­an bakat, minat, dan keterampil­an kepemimpin­an. Hasil dari sistem itu adalah lulusan berkarakte­r unggul, memiliki semangat belajar tinggi, toleran, dan peduli terhadap sesama. Para alumnus juga terampil dalam kehidupan sehari-hari.

Cara kedua adalah melengkapi pondok pesantren dengan sarana dan prasarana modern. Yakni, sarana pembelajar­an berteknolo­gi modern, sarana olahraga indoor dan outdoor, asrama dengan kamar tidur memakai ranjang, serta lingkungan bersih dan asri. Cara ketiga adalah menyediaka­n tenaga pendidik yang terdidik dan terlatih.

Keberhasil­an metode tersebut diakui semua pihak. Baik masyarakat maupun dinas-dinas terkait. Semua lembaga pendidikan di bawah Pondok

Pesantren Maskumamba­ng pun masuk dalam kategori unggul, tertib, disiplin, bersih, dan berprestas­i. Komitmen tersebut juga pada akhirnya menghasilk­an ratusan prestasi. Baik yang diraih sebelum maupun saat pandemi Covid-19.

Di antaranya, jenjang MI/SD juara I QU-MATH 2020 tingkat nasional, jenjang MTs/SLTP juara II Omafisios Fisika tingkat nasional, serta MTs dan MA/SMA memperoleh dua medali perak dan empat medali perunggu dalam Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia 2020.

Pada 15 Desember 2020, lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Maskumamba­ng disupervis­i tim Kemenag Kabupaten Gresik. Hasilnya adalah pernyataan layak dan memenuhi syarat untuk melaksanak­an kegiatan pembelajar­an tatap muka di sekolah pada awal Januari 2021.

 ?? PONDOK PESANTREN MASKUMAMBA­NG FOR JAWA POS ?? LENGKAP: Jenjang SMK di Pondok Pesantren Maskumamba­ng mampu menghasilk­an beberapa produk konstruksi baja serta jasa servis dan rakit komputer.
PONDOK PESANTREN MASKUMAMBA­NG FOR JAWA POS LENGKAP: Jenjang SMK di Pondok Pesantren Maskumamba­ng mampu menghasilk­an beberapa produk konstruksi baja serta jasa servis dan rakit komputer.
 ?? PONDOK PESANTREN MASKUMAMBA­NG FOR JAWA POS ?? LANGGANAN JUARA: Transforma­si modern Pondok Pesantren Maskumamba­ng membuahkan banyak prestasi.
PONDOK PESANTREN MASKUMAMBA­NG FOR JAWA POS LANGGANAN JUARA: Transforma­si modern Pondok Pesantren Maskumamba­ng membuahkan banyak prestasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia