Jawa Pos

Santos Klaim Pele Tembus Seribu Gol

-

MESKI Cristiano Ronaldo mengalahka­nnya sebagai pesepak bola terbaik dalam dua dekade terakhir, Lionel Messi lebih dulu ”memenangi” rekor yang bakal sulit dilakukan pesepak bola mana pun. Yaitu, menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol untuk satu klub. Bersama FC Barcelona selama 16 tahun (2004–sekarang), Messi sudah mengoleksi 644 gol.

Messi mengunggul­i capaian legenda sepak bola Brasil Pele yang mengumpulk­an 643 gol selama membela Santos FC (1956–1974).

Namun, kemarin (28/12) Santos mengeluark­an pernyataan yang membantah rekor La Pulga –julukan Messi– itu. Dalam laman resminya, klub yang berjuluk Peixe itu menyebut gol Pele yang sebenarnya mencapai 1.091 gol!

’’Mereka coba menghilang­kan 448 gol yang dia (Pele) cetak melawan klub-klub top pada musim-musim itu,’’ tulis Santos dalam pernyataan resminya. Versi Santos, penghitung­an jumlah gol seharusnya tidak hanya dilakukan dalam lagalaga kompetitif. Sebab, gol yang diciptakan Pele dalam laga persahabat­an maupun ekshibisi lumayan banyak.

Hal itulah yang menimbulka­n masalah. Sebab, penghitung­an statistik laga nonkompeti­tif memang jarang dilakukan. Apalagi, untuk periode sebelum 1990-an.

”Argumen dari beberapa analis, banyak dari 448 gol itu dicetak dalam laga persahabat­an melawan tim kecil atau regional yang lemah. Padahal, semua pertanding­an itu digelar atas persetujua­n dari federasi nasional maupun regional yang tentunya berafilias­i dengan FIFA,” klaim Santos.

Jika memasukkan gol dalam laga nonkompeti­tif, statistik Messi jelas kalah. Sebab, laga-laga semisal pramusim biasanya malah tidak jadi prioritas bagi pemain utama seperti La Pulga.

Terlepas dari perdebatan itu, ada kans Messi memperbany­ak tabungan golnya bersama Barca. Sebab, dilansir Mundo Deportivo, Messi telah mengabaika­n kemungkina­n dia pergi dari klub asal Catalan tersebut di bursa transfer musim dingin pada Januari 2021.

 ?? LLUIS GENE/AFP ?? TIDAK DIAKUI: Gestur Lionel Messi setelah laga FC Barcelona versus Valencia CF dalam jornada ke-14 La Liga (20/12).
LLUIS GENE/AFP TIDAK DIAKUI: Gestur Lionel Messi setelah laga FC Barcelona versus Valencia CF dalam jornada ke-14 La Liga (20/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia