Jawa Pos

Hidupkan Sepak Bola Bojonegoro dengan Football Camp

-

BOJONEGORO pernah menelurkan beberapa pemain berkualita­s. Sebut saja Samsul Arif Munip dan Novan Sasongko. Mereka muncul dari klub lokal Persibo Bojonegoro.

Keduanya turut membawa Persibo juara Copa Indonesia 2012. Dari situ, Samsul dan Novan pernah merasakan membela tim nasional. Sayang, kini Persibo vakum. Akibatnya, pembinaan usia dini di Bojonegoro seolah mati suri.

Kondisi itu membuat Samsul sedih. Tak mau berpangku tangan, dia mengadakan Samsul Arif Football Camp. Pelatihan sepak bola itu diadakan pada 21−25 Desember lalu. Tak tanggung-tanggung, salah seorang legenda sepak bola Indonesia, Widodo Cahyono Putro, didapuk sebagai mentor dalam pelatihan anak-anak muda tersebut.

’’Saya ingin mengakomod­asi bakat di Bojonegoro. Memberi mereka link agar sampai ke level nasional,’’ kata Samsul saat dihubungi Jawa Pos.

Striker 35 tahun itu tak menampik vakumnya Persibo memengaruh­i minat pemain muda untuk serius menekuni sepak bola. ’’Istilahnya, tidak ada tujuan setelah masuk usia senior. Mau ke mana kalau nggak ke Persibo?’’ terangnya.

Nah, dengan football camp, Samsul yakin bakal ada yang melirik bakat di Bojonegoro. ’’Bahkan ada beberapa pemain U-12 yang sudah ditawari untuk bergabung ke WCP Academy (akademi milik Widodo Cahyono Putro),’’ ungkap Samsul.

Alhasil, pihak Pemkab Bojonegoro mendukung penuh kegiatan yang dilakukan Samsul. ’’Malah ditawari untuk bikin football camp kedua dan ketiga,’’ tambahnya.

Selama football camp, Samsul tidak turun ke lapangan sebagai pelatih. Dia hanya bertugas sebagai motivator. Membagi pengalaman­nya. ’’Saya hanya sebagai mentor. Memberikan motivasi kepada para pemain. Membentuk karakter dan psikologis mereka,’’ terang pemain yang pernah berkostum Persela Lamongan, Arema, Persib Bandung, Barito Putera, dan Persita Tangerang itu.

Dia berharap ke depan Bojonegoro bisa menemukan pemain berbakat. Setidaknya yang bisa menggantik­an dirinya bermain di timnas. ’’Yang jelas, saya ingin kembali menghidupk­an sepak bola di Bojonegoro,’’ tegas pemain kelahiran 14 Januari 1985 itu.

 ?? SAMSUL ARIF FOR JAWA POS ?? PEDULI: Samsul Arif (kanan) bersama Widodo C. Putro (kiri).
SAMSUL ARIF FOR JAWA POS PEDULI: Samsul Arif (kanan) bersama Widodo C. Putro (kiri).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia