Jawa Pos

Masuk Surabaya Malam Tahun Baru Wajib Tes Swab

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rencana pengamanan malam pergantian tahun terus dimatangka­n. Selain kegiatan dibatasi sampai pukul 20.00, wilayah perbatasan kota akan dijaga ketat. Warga yang hendak masuk Kota Pahlawan akan dites swab di tempat.

Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, ada beberapa langkah antisipasi untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 pascalibur panjang kemarin. Salah satunya, menggelar operasi besar-besaran pada 31 Desember. ’’Saya sudah berkoordin­asi dengan para camat untuk merazia trompet. Sesuai keputusan bersama, penjualan trompet dilarang untuk menghindar­i euforia yang berlebihan,” ujarnya kemarin (28/12).

Selain itu, pemkot mengeluark­an kebijakan soal penjualan kembang api. Jumlahnya dibatasi. Whisnu tidak menyebutka­n secara pasti jumlahnya. Yang jelas, nanti ada petugas yang melakukan kontrol ke tempat-tempat penjualan kembang api.

Petugas gabungan dari TNI-Polri dan satgas Covid-19 juga akan berkelilin­g untuk memantau kondisi di wilayah masing-masing

Harus dipastikan bahwa tidak ada kegiatan yang digelar di atas pukul 20.00. Para pelanggar akan ditegur keras. ’’Semuanya. Kami batasi maksimal jam delapan malam,” ucapnya.

Di wilayah perbatasan kota, satgas Covid-19 bersama dinas kesehatan (dinkes) akan siaga 24 jam. Warga Surabaya yang hendak pulang akan di-swab di tempat. Begitu pula warga luar Kota Surabaya yang hendak masuk karena ada kepentinga­n tertentu. ’’Semuanya akan kami tes swab. Kecuali yang tidak berkepenti­ngan, kami minta kembali,” ujar Whisnu.

Mantan wakil ketua DPRD Surabaya itu tidak ingin menyebutny­a sebagai penutupan wilayah. Langkah tersebut merupakan bentuk filter dari pemerintah untuk mencegah potensi lonjakan kasus Covid-19. ’’Bukan melarang, masak dilarang. Kami mengimbau warga luar kota agar tidak merayakan malam tahun baru di Surabaya,” tuturnya.

Nah, di dalam kota, Whisnu sudah meminta para camat agar menggerakk­an para ketua RT/ RW melakukan pendataan. Warga yang baru pulang liburan lebih dari tiga hari harus didata. Mereka akan dites swab untuk mengetahui kondisinya pasca menjalani liburan di luar kota.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BERJUBEL: Banyak penumpang yang hendak ke luar kota dengan menumpang pesawat terbang. Mereka berangkat dari Bandara Juanda.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BERJUBEL: Banyak penumpang yang hendak ke luar kota dengan menumpang pesawat terbang. Mereka berangkat dari Bandara Juanda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia