Jawa Pos

Bandara Juanda Layani 208.286 Penumpang

Selama Libur Nataru Berjalan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Meski dalam pandemi, pergerakan penumpang di Bandara Juanda mengalami kenaikan. Hingga hari kesepuluh posko Natal dan tahun baru (Nataru) beroperasi, tercatat ada 208.286 penumpang. Baik pada kedatangan maupun keberangka­tan. Namun, berdasar data tersebut, yang paling mendominas­i adalah kedatangan.

Pihak Bandara Juanda memerinci, hingga Minggu (27/12), khusus kedatangan penumpang sebanyak 113.642 orang. Untuk keberangka­tan, angkanya 94.644 penumpang. Nah, rata-rata pergerakan per hari juga mengalami kenaikan dari hari biasa. Yakni, 22 ribu penumpang per hari. Rata-rata jumlah penumpang tersebut naik jika dibandingk­an dengan hari biasa selama pandemi Covid-19. Sebelum Nataru, jumlah rata-rata per hari hanya belasan ribu penumpang

’’Dalam kondisi traffic seperti saat ini, kami bersyukur posko Nataru berjalan dengan baik,’’ ujar PTS General Manager Bandar Udara Internasio­nal Juanda Indah Preastuty.

Menurut Indah, jika dibandingk­an tahun lalu dengan periode yang sama, terjadi penurunan 50 persen. Saat Nataru tahun lalu, Bandara Juanda mampu melayani 50–52 ribu penumpang per hari. Meski begitu, setidaknya sudah ada tren positif dari biasanya.

Selama posko Nataru yang digelar sejak Jumat lalu (18/12), rute penerbanga­n paling banyak adalah tujuan Jakarta, Makassar, dan Bali. Indah menuturkan, puncak pergerakan penumpang di Bandara Juanda terjadi pada Rabu (23/12). Saat itu terdapat 25.676 penumpang.

Padahal, sebelumnya puncak lonjakan penumpang diperkirak­an terjadi pada Kamis (24/12). Hal itu bisa dipengaruh­i banyaknya penumpang yang gagal terbang pada Selasa.

Sebab, banyak di antara mereka yang belum membawa hasil rapid test antigen. Akhirnya penumpang menjadwal ulang penerbanga­n.

Indah mengatakan, kepadatan penumpang sempat terjadi pada Selasa. Tepatnya di area layanan rapid test dan customer service airline. Bahkan, posko Nataru dijadikan tempat untuk pelayanan rescedule penumpang. Meski begitu, semuanya bisa teratasi dan berjalan lancar. ’’Ini berkat kerja sama semua pihak,’’ ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia