Jawa Pos

Ada Air Mancur Berkabut dan Skate Park

Proyek basemen Balai Pemuda kelar. Pengerjaan konstruksi di area bawah tanah itu telah 100 persen. Kini sarana baru tersebut tinggal menunggu peresmian untuk bisa difungsika­n.

-

KEMARIN (28/12) Jawa Pos mengunjung­i area publik yang bertempat tepat di bawah Jalan Yos Sudarso itu. Suasananya adem karena ber-AC. Hanya tampak beberapa pekerja yang sedang beristirah­at dan merapikan kabel di bagian atap bangunan.

Didominasi warna cokelat dan gelap dari granit, suasana basemen tampak nyaman. Adanya sembilan air mancur berkabut di dekat elevator membuat area tersebut sangat menarik. Di bagian selatan yang tembus dengan parkiran mobil, terdapat area skate park.

Pada dindingnya, tampak mural bergambar Balai Pemuda dengan corak penuh warna. Suasana di area skate park sedikit hangat. ”Karena area skate park tidak dipasangi AC,” ucap pelaksana proyek Bonar Adiatmoko. Sesuai permintaan pemkot, area tersebut memang digunakan untuk kegiatan olahraga.

Bonar mengatakan, hingga kemarin, pengerjaan basemen sebenarnya telah rampung 100 persen. ”Tinggal poles-poles sama bersihin debu bekas pengerjaan,” jelasnya.

Basemen Balai Pemuda didesain tanpa banyak sekat. Luas area basemen secara keseluruha­n mencapai 3.000 meter persegi. Sekitar 2.500 meter persegi merupakan area publik. Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian menjabarka­n, secara umum, saat ini basemen Balai Pemuda tinggal tunggu peresmian. ”Tunggu instruksi,” jelasnya.

Sementara itu, untuk operasiona­l basemen, seluruhnya diserahkan pada dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar). Misalnya, membuat area basemen sebagai tempat galeri seni atau pertunjukk­an. Itu semua adalah kewenangan disbupar.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? DEKAT ELEVATOR: Terdapat sembilan air mancur berkabut yang juga dipasang di area basemen.
DIPTA WAHYU/JAWA POS DEKAT ELEVATOR: Terdapat sembilan air mancur berkabut yang juga dipasang di area basemen.
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BISA UNTUK TEMPAT UMKM: Salah seorang petugas membersihk­an lantai basemen yang didesain los tanpa sekat.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BISA UNTUK TEMPAT UMKM: Salah seorang petugas membersihk­an lantai basemen yang didesain los tanpa sekat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia