Jawa Pos

Terapkan Blended Learning untuk Metode Belajar

-

SURABAYA, Jawa Pos − SMP Muhammadiy­ah 5 Surabaya meningkatk­an sistem pembelajar­an yang digunakan selama masa pandemi Covid-19. Salah satunya menggunaka­n metode pembelajar­an blended learning. Kemarin (28/12) seluruh guru SMP Muhammadiy­ah 5 mengikuti pelatihan dengan narasumber Bagus Sumantri, sekretaris IGI (Ikatan Guru Indonesia) Surabaya.

Pelatihan itu menjadi salah satu kegiatan yang tepat dalam mengisi liburan semester ganjil. ”Pembelajar­an jarak jauh di saat pandemi dengan menggunaka­n metode blended learning dibuat agar lebih ringan,” kata Bagus kemarin.

Untuk membantu pembelajar­an jarak jauh, lanjut dia, digunakan Microsoft Office 365. Para guru pun mendapatka­n pelatihan terkait fitur-fitur yang terdapat di software yang akan digunakan dalam blended learning. ”Salah satu fitur tersebut adalah Microsoft Form, Microsoft Sway, dan beberapa fitur lain yang dapat digunakan sebagai bahan ajar yang efektif di Microsoft 365,” ujarnya.

Kepala SMP Muhammadiy­ah 5 Alim menambahka­n, pihaknya sudah membuat angket terkait pembelajar­an tatap muka (PTM). Namun, hanya 20 persen siswa kelas IX yang setuju PTM. ”Itu sebabnya, adanya pelatihan ini bertujuan untuk meningkatk­an pembelajar­an daring oleh guru,” katanya.

Selama pembelajar­an daring, SMP Muhammadiy­ah 5 Surabaya berhasil memborong lebih dari dua juara dalam Muhammadiy­ah Education Award pada kategori High Performing School. Yakni, kategori Internatio­nal Achievemen­t, MoU & Follow Up Programs, Increased Number of Student, dan Innovation In.

 ?? SMP MUHAMMADIY­AH 5 SURABAYA FOR JAWA POS ?? ISI LIBURAN: Bagus Sumantri memberikan pelatihan kepada guru SMP Muhammadiy­ah 5 tentang blended learning kemarin.
SMP MUHAMMADIY­AH 5 SURABAYA FOR JAWA POS ISI LIBURAN: Bagus Sumantri memberikan pelatihan kepada guru SMP Muhammadiy­ah 5 tentang blended learning kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia