Jawa Pos

Kali Lamong Kembali Meluap

Sudah Tiga Kali dalam Sebulan

-

GRESIK, Jawa Pos – Desember tahun ini menjadi hari kelabu bagi sebagian warga Gresik Selatan. Betapa tidak, dalam sebulan ini setidaknya Kali Lamong sudah tiga kali meluap. Kemarin (28/12) banjir cukup besar kembali menggenang­i ribuan rumah di wilayah Kecamatan Benjeng dan Balongpang­gang.

Bahkan, banjir di pengujung tahun ini terbilang lebih besar jika dibandingk­an dengan 13 Desember lalu. Air dari hulu Kali Lamong mengalir ke wilayah Gresik sejak Minggu malam (27/12). Hujan deras membuat sungai yang melintasi empat daerah itu pun tidak sanggup menampung. Seperti biasa, desa di sepanjang aliran Kali Lamong tergenang.

’’Sejumlah desa di Kecamatan Kedamean pada Minggu (27/12), sekitar pukul 21.00, sudah tergenang. Lalu, air mengalir ke Balongpang­gang dan Benjeng,’’ ujar Sunarto, salah seorang warga.

Nah, kemarin pagi (28/12) ketinggian air di sejumlah desa di Benjeng dan Balongpang­gang mencapai 1,5 meter. Data dari Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Gresik, banjir kemarin sudah merendam tujuh desa di Balongpang­gang dan sembilan desa di Benjeng.

Pantauan di lapangan, di beberapa titik seperti Desa Ngablak, Benjeng, arus air dari Kali Lamong sangat deras. Tidak ada yang berani melintasi jalan tersebut. Akses itu pun ditutup total sejak pagi. Kondisi di jalan Desa Wotansari, Balongpang­gang, juga demikian. Arus air dari area persawahan yang mengalir ke jalan terlihat sangat deras.

Begitu juga di Desa Klampok, Benjeng. Saking derasnya aliran air, jembatan yang sebelumnya retakretak belakangan hilang terseret arus. Biasanya jembatan itu digunakan warga sekitar untuk melihat kondisi banjir saat sungai mulai meluap. Namun, kini antara jalan raya dan kali sudah tidak bisa dibedakan.

Kepala BPBD Pemkab Gresik Tarso Sugito mengatakan, berdasar data sementara, banjir kemarin sudah merendam setidaknya 1.882 rumah dan 240 hektare sawah di Kecamatan Balongpang­gang serta 4.245 rumah dan 540 hektare sawah di Kecamatan Benjeng. Dia mengakui, arus air dan debit Kali Lamong lebih besar daripada banjir sebelumnya. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar selalu waspada.

’’Saat ini debit Kali Lamong masih tinggi. Ada kemungkina­n naik kalau hujan deras kembali terjadi,” katanya.

Melihat banjir yang sudah tiga kali meluap, tampaknya pemerintah mesti betul-betul mempercepa­t rencana normalisas­i Kali Lamong. Paling tidak mengerjaka­n penanganan darurat. Misalnya, mengeruk anak-anak Kali Lamong. Terutama pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang memiliki kewenangan. Sebab, musim hujan diprediksi masih beberapa bulan lagi. Sementara itu, megaproyek normalisas­i Kali Lamong masih membutuhka­n waktu dan tahapan panjang.

 ?? ISTIMEWA ?? TAK TERDUGA: Dedy Kurniawan dan Desi Yuni Astutik menerobos banjir di Jalan Raya Benjeng untuk melangsung­kan akad nikah.
ISTIMEWA TAK TERDUGA: Dedy Kurniawan dan Desi Yuni Astutik menerobos banjir di Jalan Raya Benjeng untuk melangsung­kan akad nikah.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia