Jawa Pos

Arief Jabat Ketua PGRI Periode Kedua

-

GRESIK, Jawa Pos – Arief Susanto kembali terpilih sebagai ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Gresik periode 2020–2025. Pada konferensi pemilihan ketua Sabtu lalu (26/12), Arief menang telak dari tiga kandidat lainnya. Dari 771 pemilih, kepala SMK PGRI 1 Gresik itu mendapatka­n 765 suara.

Sesuai surat keputusan (SK) nomor 052.9/SK/KAB/ XXII/2020, Arief pun mendapat mandat untuk menjadi ketua PGRI Gresik periode kedua. Sementara itu, ketua dewan pembina dijabat Moeljono yang juga pernah menjadi ketua PGRI Gresik selama tiga periode.

Setelah dipercaya untuk kembali memimpin PGRI lima tahun mendatang, kepada Jawa Pos Arief mengatakan sudah menyiapkan beberapa program prioritas. Di antaranya, terus memperjuan­gkan peningkata­n dan perhatian pemerintah kepada guru-guru honorer.

Selama ini, honor para guru honorer masih jauh di bawah upah minimum kabupaten (UMK) Gresik. Terakhir, para guru honorer K-2 mendapatka­n honor Rp 1,8 juta per bulan, sedangkan guru honorer non-K-2 hanya Rp 1 juta.

Program lain, lanjut Arief, meningkatk­an profesiona­lisme guru di seluruh tingkat. Menurut dia, kesejahter­aan dan profesiona­litas itu saling berkaitan. Apabila kesejahter­aan naik, tentu kualitas pendidikan juga meningkat. Selain itu, pihaknya ingin pemerintah meningkatk­an perhatian terhadap anak didik. Termasuk bantuan biaya pendidikan untuk siswa SMA/SMK/MA.

’Meskidibaw­ahnaunganp­emprov,siswa-siswinyaad­alahwarga Gresik.Karenaitu,tidaksalah­apabila pemkab memberikan bantuan biaya pendidikan,” ucapnya.

Untuk mewujudkan tiga program tersebut, sambung Arief, pihaknya akan melaksanak­an agenda terdekat lebih dahulu. Yakni, beradaptas­i dengan pemimpin baru hasil Pilkada 2020 Gresik. ’’Kami berharap program tersebut nanti mendapat dukungan dari pemimpin baru Gresik. Yang jelas, inti program PGRI adalah memperjuan­gkan kesejahter­aan guru. Sebab, dari situ juga muaranya meningkatk­an kualitas pendidikan,’’ ungkapnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? AMANAT: Suasana konferensi kabupaten untuk memilih ketua PGRI Gresik periode 2020-2025.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS AMANAT: Suasana konferensi kabupaten untuk memilih ketua PGRI Gresik periode 2020-2025.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia