Jawa Pos

Pendaftara­n Sengketa PHP Stagnan

-

JAKARTA, Jawa Pos − Waktu pendaftara­n gugatan sengketa perselisih­an hasil pilkada (PHP) 2020 segera berakhir. Untuk level kabupaten/kota, pendaftara­n ditutup kemarin malam (29/12). Sementara itu, di level provinsi, pendaftara­n baru ditutup malam nanti.

Di saat-saat terakhir, gelombang pendaftara­n berlangsun­g landai. Bahkan, hingga pukul 19.00 WIB tadi malam, jumlah pemohon masih sama dengan hari sebelumnya, yakni 135 perkara. Terdiri atas 7 gugatan pemilihan gubernur (pilgub), 114 pemilihan bupati (pilbup), dan 14 pemilihan wali kota (pilwali).

Koordinato­r Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat Alwan Ola Riantoby mengatakan, jumlah PHP yang mencapai 135 gugatan sudah cukup banyak. Terlepas dari dalil yang diajukan, dia sendiri menilai tingginya minat paslon untuk menggunaka­n jalur MK sebagai sesuatu yang positif bagi demokrasi Indonesia.

’’Setiap orang gak puas dengan proses dan hasil pilkada lalu melaporkan ke MK saya kira itu hal baik. Karena itu prosedur hukumnya,’’ ujar Alwan kemarin (29/12).

Sementara itu, selain menunggu pendaftara­n, MK memproses perbaikan berkas permohonan. Sebagaiman­a dikutip dari laman MK, kuasa hukum paslon silih berganti menyerahka­n berkas perbaikan. Selain itu, MK mulai menerima bukti kecurangan yang didalilkan. Baik berupa dokumen, foto, maupun video.

Setelah pendaftara­n, MK melakukan pemeriksaa­n dan menerbitka­n hasil pemeriksaa­n. Sedangkan persidanga­n pendahulua­n baru akan digelar akhir Januari.

Pilkada Boven Digoel Lancar Terpisah, Kabupaten Boven Digoel pada Senin (28/12) menggelar pemungutan suara yang sempat tertunda. TNI dimintai bantuan oleh Polri ikut mengawal jalannya pelaksanaa­n coblosan di sana. Kodam XVII/Cenderawas­ih secara khusus memberikan atensi dengan mengirimka­n tim ke daerah tersebut.

Komandan Korem (Danrem) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko yang mewakili Kodam XVII/Cenderawas­ih menyatakan, mundurnya pemungutan suara di Boven Digoel adalah keputusan KPU RI. Hal tersebut mempertimb­angkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang dinilai belum kondusif pada 9 Desember lalu.

 ?? KODAM XVII/CENDERAWAS­IH FOR JAWA POS ?? PASTIKAN KONDUSIF: Danrem Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko (dua dari kanan) dan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (dua dari kiri) mendatangi salah satu TPS yang melaksanak­an pemungutan suara pilkada Boven Digoel Senin (28/12).
KODAM XVII/CENDERAWAS­IH FOR JAWA POS PASTIKAN KONDUSIF: Danrem Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko (dua dari kanan) dan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (dua dari kiri) mendatangi salah satu TPS yang melaksanak­an pemungutan suara pilkada Boven Digoel Senin (28/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia