Jawa Pos

Pariwisata Butuh Sokongan Pemerintah

-

JAKARTA, Jawa Pos – Para pelaku usaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyampaik­an sejumlah pekerjaan rumah di sektor pariwisata dalam pertemuan bersama Kementeria­n Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparek­raf) kemarin (29/12).

Pengusaha berharap pemerintah bisa berfokus merumuskan kebijakan untuk membenahi tingkat okupansi hotel sehingga kerugian industri pariwisata tidak berkepanja­ngan. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Pariwisata Kosmian Pudjiaji menjelaska­n, tingkat okupansi hotel di destinasi wisata Indonesia masih berada di angka 20 persen pada akhir pekan. Itulah dampak pandemi Covid-19.

”Kunjungan (wisatawan, Red) hanya dilakukan yang menggunaka­n mobil. Pertemuan korporasi habis, wisman habis. Bisa dibayangka­n, okupansi hotel ataupun perputaran ekonomi di tempat wisata akan rendah pada 1–2 tahun ke depan.”

Menurut Kosmian, upaya pemerintah menggelont­orkan insentif pun tidak bakal memberikan pengaruh signifikan dengan tingkat okupansi yang masih sangat rendah. Dia menyebut beberapa upaya alternatif untuk meningkatk­an okupansi hotel di destinasi wisata. Di antaranya, insentif pajak bagi korporasi dan menyiapkan dana promosi.

Selain itu, insentif harga tiket diberikan bagi wisatawan mancanegar­a (wisman). Sebab, ada upaya pembukaan kembali untuk kunjungan wisman. Yang terakhir, memberikan insentif bagi semua instansi pemerintah­an untuk mengadakan pertemuan di destinasi wisata.

”Bila upaya yang dilakukan melalui kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha optimal, ditargetka­n tingkat okupansi tahun depan bisa bergerak ke level 40 persen pada masa akhir pekan dan bergerak ke 5 persen pada tahun berikutnya,” paparnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? KUNJUNGAN MASIH TERBATAS: Suasana Wahana Millenial Glow Garden Jatim Park 3, Batu. Pemerintah bakal memberikan dana hibah bagi korporasi pariwisata untuk bertahan hadapi pandemi Covid-19.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS KUNJUNGAN MASIH TERBATAS: Suasana Wahana Millenial Glow Garden Jatim Park 3, Batu. Pemerintah bakal memberikan dana hibah bagi korporasi pariwisata untuk bertahan hadapi pandemi Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia