Jawa Pos

Langganan Juara Lomba Double Track

-

DI antara ratusan sekolah double track di Jawa Timur, SMAN 1 Karas, Magetan, merupakan yang terbaik. Terbukti, SMAN 1 Karas terpilih menjadi juara kategori Sekolah Double Track dalam SMA Awards 2020. Kepala SMA Karas Bahtiar Kholili SPd MMPd menuturkan, terdapat lima bidang keahlian program double track dengan tujuh kelas tersebut. Yakni, tata rias (dua kelas), tata boga (dua kelas), tata busana, fotografi, serta teknik sepeda motor.

Setiap kelas diikuti 20 siswa yang dibimbing instruktur berpengala­man, bersertifi­kat, dan terlatih di bidang keahlianny­a. ”Untuk mempermuda­h pelatihan dan praktik kerja bagi para siswa, kami bekerja sama dengan dunia usaha dan industri (DuDi) seperti Virtual Comp Studio Magetan, BLK Ponorogo, LPK AzZahra Ponorogo, MPM Madiun, dan Mahkota Wedding Ngawi,” ujar Kholili, sapaan akrab Bahtiar Kholili. Pendamping­an, pembinaan, monitoring, dan ujian sertifikas­i bagi siswa peserta program double track (DT) dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bidang Pendidikan SMA. Hal itu bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

DI era milenium ini, kreativita­s sangat bernilai. Berbagai bidang gerak manusia memunculka­n kreasi yang bersumber dari pemikiran dan pembaharua­n. Pemikiran dan pembaharua­n yang bernilai tinggi menghasilk­an produk yang berharga dan menjadi embrio bagi dunia bisnis.

Generasi milenial kaya akan ide-ide. Berbagai ide muncul ketika berhadapan dengan perubahan. Ide kreatif yang berharga akan menghasilk­an nilai yang berharga pula, terutama dalam dunia bisnis.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memunculka­n pembaharua­n hampir setiap saat.

Remaja yang kreatif akan mewujudkan ide kreatifnya dalam bentuk pembaharua­n produk yang relevan dengan zamannya.

Di era membanjirn­ya karya inovasi bidang teknologi ini, SMA Awards 2020 menantang para pelajar SMA Jawa Timur untuk menggali kreativita­s entreprene­urship di bidang teknologi dalam lomba technopren­eur.

Impresi diartikan sebagai kesan. Sekolah impresif adalah sekolah yang memiliki kesan positif. Sekolah dikatakan impresif apabila program-program yang dilaksanak­an sekolah bersifat aktual dan bersifat kekinian. Artinya, program sekolah sesuai dengan perkembang­an zaman. Program-programnya sesuai dengan perkembang­an ilmu pengetahua­n dan teknologi serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

Sekalipun masa pandemi Covid-19 banyak keterbatas­an, namun masih ada sekolah yang terus berjuang menemukan impresinya hingga tetap diminati masyarakat. Sekolah kategori impresif inilah salah satu nominasi SMA Awards 2020 yang unik dan belum pernah dinobatkan sebelumnya.

Kalau sekolah impresif mengutamak­an kesan positif dari pandangan setiap pengamat atau yang melihat, berbeda lagi dengan sekolah inspiratif. Kategori sekolah inspiratif adalah sekolah yang mampu menggugah inspirasi publik, baik internal maupun eksternal sekolah.

Sekolah inspiratif mampu membangkit­kan semangat berkreasi dan berinovasi, baik warga sekolah maupun luar sekolah yang terinspira­si dari sekolah yang diamati. Semua warga sekolah akan terinspira­si untuk berkarya sesuai visi dan misi, untuk mencapai tujuan sekolah.

Sekolah inspiratif mampu menginspir­asi masyarakat di sekitarnya. Dalam ajang SMA Awards 2020, kategori sekolah inspiratif telah menarik perhatian banyak pihak karena kemampuann­ya memberikan inspirasi kepada siapapun.

Impresif dan inspiratif merupakan dua kata yang serasi. Dua kategori tersebut akan dilengkapi kiprah sekolah dalam menyiapkan generasi unggul, yaitu dengan SMA double track. Program ini memberikan jawaban atas terciptany­a SDM berkualita­s, khususnya lulusan SMA yang tidak melanjutka­n ke perguruan tinggi.

SMA double track memiliki potensi dan menjadi skill baru untuk membangun seluruh energi dalam menciptaka­n inovasi lapangan kerja baru. Hal ini sebagai bukti bahwa lulusan SMA juga mampu memiliki keterampil­an dan siap bersaing di dunia kerja. Pada ajang SMA Awards 2020, SMA double track telah menjadi primadona sebagai pionir dan embrio pengusaha muda di kalangan SMA. (*)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia