Jawa Pos

Impikan Sepak Bola Putri Setara dengan Pria

-

JAKARTA, Jawa Pos – Zahra Muzdalifah memang sudah menjadi bintang di sepak bola putri Indonesia. Paras dan skill cantiknya di lapangan membuat publik berdecak kagum. Namun, dia tak lantas cepat berpuas diri.

Zahra menyimpan impian besar untuk sepak bola putri Indonesia. Dia ingin lebih memopulerk­an sepak bola putri. Dia berharap sepak bola putri tanah air seperti sepak bola pria dan cabang olahraga lainnya yang juga digemari masyarakat Indonesia.

’’Saya dan pesepak bola putri lainnya ingin menjadi pesepak bola perempuan Indonesia yang benar-benar tangguh dan berprestas­i. Selevel Susy Susanti (kalau di bulu tangkis, Red),’’ tuturnya.

Tentu impian tersebut tidak mudah diraih. Jika dibandingk­an dengan torehan Susy Susanti untuk Indonesia, sepak bola putri nasional masih jauh dari harapan. Bahkan, berprestas­i di tingkat ASEAN saja sangat sulit.

Mantan pemain Persija

Putri itu menyadarin­ya.

Dia sadar perjalanan sepak bola putri untuk mengharumk­an nama Indonesia masih sangat jauh. ’’Namun, jika semua diberi kepercayaa­n yang cukup dan mendapat lebih banyak kesempatan, kami akan berkembang cepat,’’ ujarnya.

Ya, kepercayaa­n lebih itulah yang dibutuhkan pesepak bola putri Indonesia untuk lebih maju. Lihat saja, kompetisi yang profesiona­l saja baru dimulai musim lalu lewat

Liga 1 Putri. Jika dibandingk­an dengan negara-negara tetangga seperti Thailand, kompetisi sepak bola putri di Indonesia jauh tertinggal dari sisi mana pun.

Bahkan, ketika kompetisi Liga 1 dan 2 ditunda, PSSI ataupun

PT LIB sama sekali tidak pernah menyinggun­g sepak bola putri. Tidak ada pikiran soal nasib para pesepak bola putri pada masa pandemi seperti sekarang.

Namun, pemain 19 tahun itu tidak putus asa. Menurut dia, saat ini sepak bola putri nasional justru sedang bagus-bagusnya. Banyak atlet yang telah dikenal publik dan klub-klub besar di Indonesia juga sudah concern untuk membuat klub sepak bola putri. ’’Kami yakin bisa mendapatka­n hasil yang lebih baik pada masa mendatang,’’ tandasnya.

 ?? INSTAGRAM ?? AMBISI BESAR: Zahra Muzdalifah bakal all-out memajukan persepakbo­laan putri Indonesia.
INSTAGRAM AMBISI BESAR: Zahra Muzdalifah bakal all-out memajukan persepakbo­laan putri Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia