Jawa Pos

Kembangkan Kampung Tak Hanya karena Lomba

Puncak Surabaya Smart City 2020

-

SURABAYA, Jawa Pos – Berakhir sudah rangkaian Surabaya Smart City (SSC) 2020. Pemkot lewat Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka

Hijau (DKRTH) Surabaya telah merampungk­an babak final kemarin (29/12). Bertempat di Kebun Bibit Wonorejo, kegiatan yang dimulai pukul 09.00 itu dipimpin langsung oleh Plt Kepala DKRTH Surabaya Anna Fajriatin.

Anna merasa sangat senang dengan semangat warga yang antusias mengikuti SSC tahun ini. Dari proses seleksi, 1.360

RW disaring menjadi 500, berlanjut ke 150 hingga akhirnya mencapai 75 RW.’’Kami melihat warga tidak saja antusias saat lomba. Tapi, sudah dimulai tahun lalu. Jadi, murni karena inisiatif,” paparnya.

Untuk tahun ini, pemkot menyediaka­n beberapa kategori selain juara I, II, dan III J

’’Ada kampung pengelolaa­n lingkungan, penerapan protokol kesehatan, pekarangan pangan lestari, kampung keluarga mandiri, hingga kampung partisipas­i masyarakat terbaik,” katanya.

Menurut Anna, juara dan kemenangan hanya bonus. Pengembang­an ke depan menjadi prioritas DKRTH. Salah satunya, budi daya maggot. ’’Maggot ini paling menjanjika­n. Sangat menghasilk­an ke depan,” ungkapnya. Banyak warga yang sudah mengelola maggot secara mandiri.

Dia menerangka­n, setiap 1/4 kg maggot saja bisa menghasilk­an ratusan ribu rupiah. ’’Ada warga yang setiap hari bisa menghasilk­an 5 kg maggot. Mereka mengambil kesempatan di tengah pandemi ini. Jadi, tetap bisa menghasilk­an meski situasi tak menentu,” tambahnya.

Hal itu tentu saja membuat warga Surabaya terpacu untuk bisa berinovasi dan berkreasi. Selain fokus ke ekonomis, warga tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga steril dari virus. ’’Ini menjadi poin penting juga dalam SSC 2020 ini,” tambahnya.

Di bagian lain, pengelolaa­n sampah juga dipriorita­skan tahun depan. Setiap hari ada 1.400 ton sampah yang ditampung di TPA Benowo. ’’Kalau ini bisa dikelola, akan lebih bagus kan. Jadi, bisa memberdaya­kan masyarakat ke depan,” kata Anna. Dia berharap pengelolaa­n sampah diberdayak­an secara mandiri di kampung.

Berdasar informasi yang disampaika­n, untuk juara I, II, dan III SSC 2020, masing-masing diraih Kelurahan Sambikerep RW 6, Kelurahan Bubutan RW 9, dan Kelurahan Wonokromo RW 4.

’’Kami berpesan, kampung yang belum masuk 75 RW terbaik tidak perlu berkecil hati. Kami akan tetap membimbing seluruh kampung di Surabaya untuk memajukan Kota Pahlawan ke depan,” tuturnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PEMENANG PERTAMA: Plt Kepala DKRTH Anna Fajriatin (kiri) bersama juara pertama SSC, Kelurahan Sambikerep RW 6, kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PEMENANG PERTAMA: Plt Kepala DKRTH Anna Fajriatin (kiri) bersama juara pertama SSC, Kelurahan Sambikerep RW 6, kemarin.
 ?? GALIH ADI PRASETYO/JAWA POS ?? LANGSUNG TES: Mereka yang melanggar prokes langsung diminta mengikuti tes swab.
GALIH ADI PRASETYO/JAWA POS LANGSUNG TES: Mereka yang melanggar prokes langsung diminta mengikuti tes swab.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia