Jawa Pos

Pacu Perekonomi­an, Jaga Kesehatan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dari ruang kerja wali kota, Whisnu Sakti Buana hadir secara online untuk memberikan motivasi kepada para penggiat ekonomi di Surabaya. Dia hadir dalam peluncuran aplikasi bernama Jempolku yang memudahkan warga untuk berbelanja kebutuhan pokok kemarin (29/12).

Plt wali kota Surabaya itu mengungkap­kan, selama ini pemkot sudah menjalanka­n berbagai program untuk membantu para penggiat ekonomi di Surabaya. Di antaranya, memfasilit­asi bantuan modal dari bank. Dia berupaya agar UMKM mendapatka­n kucuran dana dari bank swasta. ”Bisa juga dari bank pemerintah daerah,” ucap Whisnu.

Pemkot juga membantu pemasaran UMKM. Seluruh produk yang dibuat warga bakal dipajang di sejumlah dinas. Tujuannya, menarik perhatian pembeli.

Produk-produk UMKM juga dibeli oleh pemkot. Mulai kerajinan, suvenir, hingga kuliner. Hasil produk itu nanti disuguhkan kepada tamu yang berkunjung ke Surabaya. Yang tidak kalah penting, pemasaran lewat online. Whisnu menjelaska­n, penjualan produk dengan sistem daring memberikan keuntungan kepada penjual. ”Jangkauan produk lebih luas. Tidak hanya di dalam kota,” terang pejabat yang kerap disapa WS itu.

Lebih dari itu, WS menjelaska­n bahwa pada masa pandemi Covid-19, kesehatan merupakan prioritas. Warga diminta menjaga protokol kesehatan (prokes). Misalnya, mengenakan masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan. ”Langkah itu untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19,” jelasnya.

Namun, pandemi korona memang berdampak langsung pada perekonomi­an. Warga enggan berbelanja ke toko dan pasar lantaran takut terpapar Covid-19. Alhasil, perekonomi­an menjadi lesu.

Menurut WS, kesehatan dan ekonomi harus berjalan beriringan. Tidak ada yang paling unggul. ”Keduanya harus seimbang. Kesehatan diperhatik­an. Ekonomi tetap tumbuh,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomi­an dan Usaha Daerah Surabaya Agus Hebi Djuniantor­o menuturkan, pemkot terus berupaya memacu pertumbuha­n ekonomi. Ketersedia­an bahan pokok sangat penting. Setiap hari pemkot mengecek ke seluruh pasar di Kota Pahlawan. ”Ketika harga melambung atau stok kosong, kami langsung gelar operasi pasar,” paparnya.

Keduanya harus seimbang. Kesehatan diperhatik­an. Ekonomi tetap tumbuh.”

WHISNU SAKTI BUANA Plt Wali Kota Surabaya

 ?? ARISKI PRASETYO/JAWA POS ?? DI RUANG KERJA: Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat rapat telekonfer­ensi kemarin.
ARISKI PRASETYO/JAWA POS DI RUANG KERJA: Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat rapat telekonfer­ensi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia