Jawa Pos

Rumah Kelahiran Bung Karno Resmi Aset Kota

Diganti Rugi Rp 1,251 Miliar

-

SURABAYA, Jawa Pos − Kerja keras pemkot untuk mengambil alih rumah kelahiran Bung Karno akhirnya terbayar lunas. Kemarin (29/12) kediaman yang berlokasi di Jalan Pandean IV No 40 itu resmi berpindah tangan. Bangunan cagar budaya (BCB) tersebut kini seutuhnya menjadi aset milik pemkot.

Kepala Dinas Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah (DPBT) Surabaya Maria Theresia Ekawati Rahayu menjelaska­n, pemkot telah berhasil membeli rumah sang proklamato­r itu. Setelah bertahun-tahun pemkot melakukan pendekatan, pemilik rumah akhirnya legawa. ”Kemarin proses tanda tangan alih kepemilika­n,’’ terangnya.

Yayuk, sapaan akrab Maria Theresia Ekawati Rahayu, menceritak­an bahwa pengambila­lihan bangunan itu panjang nan berliku. Dimulai pada awal 2013, pemkot datang untuk membeli rumah tersebut. Ahli waris tidak sepakat dengan nominal ganti rugi yang disodorkan pemkot lantaran dianggap terlalu kecil. Pemilik mematok harga tinggi. ”Totalnya mencapai Rp 5 miliar,” terang Yayuk.

Namun, usaha tidak mengkhiana­ti hasil. Tepatnya 23 Desember, secercah harapan itu terbuka. Pihak ahli waris membuka kembali pembicaraa­n. Negosiasi akhirnya berhasil. Sebanyak 14 ahli waris sepakat dengan ganti rugi yang diberikan pemkot sesuai appraisal. ”Nilainya mencapai Rp 1,251 miliar,” ucapnya.

Pihak pemilik bangunan meminta waktu untuk berkemas sebelum pindah hingga 29 Januari tahun depan. Yayuk mengatakan, ahli waris sejatinya sudah mendapatka­n rumah baru. ”Karena proses renovasi, meminta perpanjang­an waktu,” jelasnya.(aph/c6/jun)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? BERSEJARAH: Rumah kelahiran Bung Karno di Pandean sudah dibeli pemkot dan akan dijadikan wisata sejarah.
FRIZAL/JAWA POS BERSEJARAH: Rumah kelahiran Bung Karno di Pandean sudah dibeli pemkot dan akan dijadikan wisata sejarah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia