Jawa Pos

Tambah Tangkapan Air di HR Muhammad

-

BERBAGAI upaya dilakukan Pemkot Surabaya untuk mengatasi banjir di metropolis. Salah satunya dengan memperbany­ak tangkapan air. Kemarin (29/12) dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) menambah tangkapan air di kawasan HR Muhammad, Kecamatan Dukuh Pakis.

Jalan HR Muhammad memang perlu perhatian ekstra di musim hujan. Sebab, area tersebut langganan banjir ketika Surabaya diguyur hujan dengan intensitas deras seperti Senin malam (28/12). ”Tangkapan air ini berfungsi untuk mengalirka­n air yang tergenang di jalan menuju saluran,” kata satgas DPUBMP Iswahyudi saat ditemui Jawa Pos kemarin.

Iswahyudi mengungkap­kan, tangkapan air dengan ukuran 60 x 90 sentimeter dipasang di empat titik di Jalan HR Muhammad. Sebelum memasang, tim mengebor tanah hingga tepi trotoar. Setelah itu satu box culvert dipasang di sisi tangkapan air.

Kepala Bidang Pematusan Eko

Juli mengatakan, pihaknya telah mengoptima­lkan seluruh rumah pompa di Surabaya. Petugas pun dikerahkan mulai sore hingga pagi. ”Ibu Kepala DPUBMP (Erna Purnawati, Red) juga keliling ke Asemrowo dan ke beberapa kawasan lain,” ujarnya.

Eko meminta masyarakat ikut serta menjaga area saluran dengan tidak membuang sampah sembaranga­n. Berdasar pantauan DPUBMP, sampah menumpuk di beberapa kali. Salah satunya di Sungai Simo, Sukomanung­gal. Sampah berupa kasur hingga sofa bekas menyangkut di pintu air. ”Membuat saluran mampet. Padahal, setiap hari kami berusaha menormalis­asi saluran,” terangnya.

Curah hujan tinggi dan berlangsun­g lama Senin lalu ternyata juga membuat beberapa wilayah di Kecamatan Sukomanung­gal lumpuh. Tepatnya di Kelurahan Sukomanung­gal RT 1 dan 2 RW 1 dan 2, RW 7 Kelurahan Simomulyo, dan sebagian Simo Kalangan.

 ?? LINMAS FOR JAWA POS ?? TABIAT BURUK: Tumpukan sampah berupa kasur dan sofa yang tersangkut di pintu air Sungai Simo, Sukomanung­gal, Senin malam (28/12).
LINMAS FOR JAWA POS TABIAT BURUK: Tumpukan sampah berupa kasur dan sofa yang tersangkut di pintu air Sungai Simo, Sukomanung­gal, Senin malam (28/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia