Jawa Pos

Segera Uji Coba Lampu GBT

-

SURABAYA, Jawa Pos − Renovasi dan pembaruan berbagai sektor di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) bakal memasuki babak baru. Akhir bulan, Pemkot Surabaya berencana menguji coba lampu sorot utama stadion. Hal tersebut menjadi bukti bahwa aktivitas pemkot di stadion tak mandek meski FIFA membatalka­n pelaksanaa­n Piala Dunia U-20 tahun depan.

Staf bidang tata bangunan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Tuladan Mitro mengatakan, uji coba lighting stadion tersebut dijadwalka­n sebelum pergantian tahun. Hal itu bertujuan untuk melihat cahaya yang dihasilkan. ”Sehingga kalau ada yang mau dievaluasi, diperbaiki, segera ditangani,” ujarnya Senin (28/12).

Pria yang akrab disapa Mitro itu menyebutka­n, ketika pertanding­an, listrik yang digunakan bersumber dari genset. Jumlah genset hanya satu dan berkekuata­n 1.500 kvA. Lampu sorot memiliki daya hingga 2.400 lux. ”Listrik dari PLN juga ada. Dipakai di sebagian stadion,” tambahnya.

Selain pencahayaa­n, pekerjaan yang telah selesai adalah penanaman rumput di pinggir lapangan. Kepala Bidang Pembanguna­n Gedung DPRKP CKTR Iman Krestian mengungkap­kan, rumput yang ditanam berjenis Zoysia japonica seperti di lapangan utama. ”Tinggal menunggu tingginya,” ujarnya.

Masa pertumbuha­n rumput diperkirak­an 1−3 minggu. Iman menyatakan, pihaknya menjaga kualitas hidup rumput. Penyiraman dilakukan secara rutin. Tidak boleh ada sampah dari sisa material pembanguna­n atau sampah plastik.

Sementara itu, SPV Pemasaran & Pelayanan Pelanggan Unit

Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Surabaya Selatan Gunawan S. mengungkap­kan, GBT masuk wilayah kerja UP3 Surabaya Selatan. Sejauh ini, dia mengatakan bahwa UP3 Surabaya Selatan mendukung sebaik-baiknya urusan kebutuhan listrik stadion. ”Di stadion hanya pakai listrik PLN dengan batas daya 197.000 VA (Volt Ampere, Red),” paparnya.

Menurut Gunawan, sebelumnya PLN menawarkan support listrik sepenuhnya bagi stadion. Namun, pihak stadion memilih menggunaka­n genset.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? STANDAR FIFA: Lampu yang dipasang untuk menerangi lapangan Gelora Bung Tomo (GBT) Jumat lalu (25/12).
ANGGER BONDAN/JAWA POS STANDAR FIFA: Lampu yang dipasang untuk menerangi lapangan Gelora Bung Tomo (GBT) Jumat lalu (25/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia