Jawa Pos

PDAM Ganti Pipa-Pipa Usang secara Bertahap

-

GRESIK, Jawa Pos – Pipa PDAM Giri Tirta kembali bocor. Kali ini pipa di Jalan Panglima Sudirman. Dampak kebocoran itu, suplai air bersih ke sekitar 25 ribu pelanggan terkendala. Namun, manajemen PDAM memastikan pada hari ini (30/12) pekerjaan sudah selesai.

Informasin­ya, pipa yang bocor tersebut sepanjang 6 meter. Kebocoran pipa itu disebabkan korosi atau kondisi pipa yang sudah uzur. Kemarin sore (29/12) pukul 18.00, manajemen PDAM memutuskan untuk mematikan distribusi air ke pelanggan agar pengerjaan pipa lebih cepat.

Dirut PDAM Giri Tirta Siti Aminatus Zariyah mengatakan, perpipaan di area Jalan Panglima Sudirman memang direncanak­an akan diganti pada 2021. Namun, belum sampai diganti, ternyata sudah bocor. ’’Karena itu, langsung diganti pipa baru sepanjang 20 meter. Insya Allah besok (hari ini, Red) sudah selesai,” ucapnya saat melihat perbaikan langsung di lokasi.

Risa, panggilan akrabnya, mengatakan bahwa selain korosi, penyebab kebocoran pipa adalah tekanan berlebih aliran air. Biasanya aliran air hanya 10 bukaan pipa, tapi belakangan sampai 30 bukaan dan kemudian turun menjadi 15 bukaan pipa. ’’Dikarenaka­n

adanya listrik di reservoir Kebomas,’’ jelasnya.

Dia menambahka­n, saat ini masih terdapat banyak pipa PDAM yang usang. Usianya sudah belasan hingga puluhan tahun. Termasuk pipa di Jalan Veteran dan Jalan Malik Ibrahim. Pipa di sepanjang jalan tersebut terpasang sejak 1981. Untuk mencegah kebocoran yang bisa merugikan pelanggan, pihaknya akan memulai lelang proyek rekondisi pipa pada awal 2021. ’’Sehingga penggantia­n bisa segera dilakukan. Anggaranny­a sudah ada. Jadi, lelangnya lebih cepat lebih baik,” ujarnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? INSPEKSI: Siti Aminatus Zariyah (kanan) melihat penggantia­n pipa di Jalan Panglima Sudirman.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS INSPEKSI: Siti Aminatus Zariyah (kanan) melihat penggantia­n pipa di Jalan Panglima Sudirman.
 ??  ?? SUDAH LEGAWA: Moh. Qosim dan Fandi Akhmad Yani (kanan), dua calon bupati di Pilkada Gresik 2020.
SUDAH LEGAWA: Moh. Qosim dan Fandi Akhmad Yani (kanan), dua calon bupati di Pilkada Gresik 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia