Jawa Pos

Revitalisa­si Rel Kereta Tunggu Instruksi Pusat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengoperas­ian jalur kereta api (KA) ke pelabuhan termasuk proyek besar di wilayah Gerbangker­tosusila yang mendapat dukungan langsung dari pemerintah pusat. Program yang ditaksir memerlukan anggaran Rp 400 miliar itu juga didukung PT Pelindo III dan PT KAI (Kereta Api Indonesia). Saat ini sudah ada pembahasan. Namun, KAI menunggu instruksi dari pemerintah pusat untuk revitalisa­si.

Kepala Stasiun Kalimas Yuliono menjelaska­n, rapat terkait dengan revitalisa­si rel di pelabuhan memang sudah pernah dilakukan. Namun, pelaksanaa­n program tersebut belum diketahui secara pasti. ”Kami masih menunggu perkembang­an selanjutny­a,” katanya.

Yuliono menyatakan, jalur KA sebenarnya masuk ke wilayah pelabuhan sejak lama. Bahkan sampai ke dermaga. Hanya, jalur itu bertahun-tahun tidak difungsika­n. Yuliono menyebut rel yang tidak berfungsi memanjang dari Jalan Prapat Kurung sampai dermaga di Pelabuhan Tanjung Perak. Sebagian rel tertimbun tanah. Ada pula yang kotor dan perlu dibersihka­n.

Revitalisa­si rel membutuhka­n waktu cukup lama. Jalur KA harus lebih dulu dicek dan dibersihka­n secara total. Selain itu, rel yang sudah berkarat perlu diganti. ”Jika revitalisa­si berlangsun­g, tak perlu ada truk untuk memindahka­n barang. Sebab, barang yang diangkut via KA akan langsung sampai ke dermaga,” jelas Yuliono.

Dia mengungkap­kan, tingkat pemakaian KA untuk angkutan barang ke pelabuhan cukup tinggi. Sehari ada tujuh kereta yang berangkat dari Stasiun Kalimas. Setiap kereta mampu mengangkut 30 kontainer. Angkutan melaju ke wilayah barat. KA biasanya mengangkut barang-barang impor. Sebanyak 80 persen barang yang diangkut berasal dari luar negeri.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SUDAH DIBAHAS: Revitalisa­si jalur kereta yang terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Perak tinggal tunggu arahan lanjutan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SUDAH DIBAHAS: Revitalisa­si jalur kereta yang terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Perak tinggal tunggu arahan lanjutan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia