Jawa Pos

Rumkital Tambah ICU Covid-19

Siaga Hadapi Lonjakan Pasien

-

SURABAYA, Jawa Pos - Secarik kertas yang bertulisan ”ICU Isolasi” tertempel di depan pintu masuk salah satu ruang rawat inap di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr Ramelan. Tulisan sederhana itu menerangka­n bahwa ruangan tersebut merupakan kamar khusus untuk pasien Covid-19 yang bergejala berat. Kapasitasn­ya baru saja ditambah. Dari awalnya 16 tempat tidur (TT), sekarang bisa menampung hingga 23 pasien.

”ICU khusus Covid-19 awalnya kami tempatkan di R4. Tapi, karena saat ini jumlah pasien membengkak, pasien dipindahka­n ke ruang yang lebih besar. Supaya bisa menampung lebih banyak pasien,” terang drg Adiah Ismulyanti selaku Kabaghumas Rumkital dr Ramelan saat ditemui kemarin (29/12). Perpindaha­n ruang ICU itu pun baru saja dilakukan pada Minggu malam (27/12). ”Karena memang kondisinya urgen. Tulisan ruangan pun masih pakai kertas,” imbuhnya.

Adiah mengungkap­kan, total saat ini ada 132 pasien terkonfirm­asi positif korona yang dirawat di sana. Ratusan pasien tersebut tersebar di ruangruang khusus Covid-19 seperti intensive care unit (ICU), high care unit (HCU), instalasi gawat darurat (IGD), ruang isolasi khusus, dan ruang pasien ibu hamil hingga bayi.

Di ICU terdapat 21 ventilator. Rata-rata semua ventilator terpakai dan sering kali pasien yang membutuhka­n harus rela untuk mengantre. ”Memang harus mengorbank­an ruanganrua­ngan tertentu untuk menangani pasien Covid. Juga menarik tenaga dari ruangruang pelayanan lain karena sehari harus bergantian empat sif. Betul-betul mengoptima­lkan nakes yang ada,” imbuhnya.

Adiah menuturkan, lonjakan jumlah pasien Covid-19 terpantau sejak November lalu. Kenaikanny­a bahkan mencapai hingga empat kali lipat. ”Jelang tahun baru, semua nakes sudah stand by rutin di IGD. Kalau anjuran pemerintah untuk tidak mengadakan pesta dan berkerumun betul-betul dijalankan, harusnya tidak ada pertambaha­n pasien Covid saat akhir tahun nanti,” tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia