Jawa Pos

Penerimaan Capai Rp 916 Miliar

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Selatan sudah melampaui target. Sampai kemarin siang (29/12), penerimaan pajak mencapai 102,56 persen atau setara Rp 916 miliar. Lebih besar daripada target yang ditentukan sebelumnya, yakni Rp 893 miliar.

”Meski dalam situasi sulit, penerimaan pajak di kantor ini melebihi target. Ini pun belum semuanya karena Desember belum berakhir. Jadi, bisa lebih tinggi lagi,” kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jatim II Lusiani yang mengapresi­asi capaian tersebut.

Bukan hanya KPP Sidoarjo Selatan, dia mencatat, ada 6 di antara 16 KPP di bawah naungan Kanwil DJP Jatim II yang sudah melebihi target penerimaan pajak. Di antaranya, KPP Pamekasan, Bojonegoro, Gresik Selatan, Mojokerto, dan Jombang. ”Beberapa KPP lainnya juga sudah mencapai sekitar 98 persen,” terangnya.

Capaian Sidoarjo dan daerah lainnya otomatis berdampak pada peningkata­n penerimaan pajak Kanwil DJP Jatim II. Hingga kemarin, penerimaan pajak di Kanwil DJP Jatim II mencapai 94,28 persen atau setara Rp 18 triliun. ”Target penerimaan pajak di Kanwil DJP Jatim II adalah Rp19,5 triliun. Saya rasa kita masih punya waktu dua hari ke depan agar penerimaan bisa kembali naik,” ujarnya.

Pihaknya berupaya maksimal terus meningkatk­an penerimaan pajak tahun ini. Mengingat, 80 persen anggaran negara bersumber dari penerimaan pajak.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Sidoarjo Selatan Heru Budhi Kusumo menuturkan, keberhasil­an atas pencapaian target penerimaan pajak tidak terlepas dari kerja sama semua pihak. Meski dalam situasi pandemi Covid-19, pegawai didorong terus aktif menyosiali­sasikan pelaporan dan penerimaan pajak terhadap wajib pajak di wilayah masing-masing.

”Apresiasi setinggi-tingginya untuk pegawai maupun wajib pajak. Sebab, meski pandemi, mereka masih patuh membayar pajak,” tuturnya.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? DOK. JAWA POS ?? Lusiani
DOK. JAWA POS Lusiani

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia