Jawa Pos

Gaun Bridal Ringan untuk Pesta Intimate

Banyak Pilih yang Sederhana dan Nyaman

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pandemi yang tak kunjung berakhir memang membuat banyak kebiasaan baru. Salah satunya dalam pernikahan. Pada masa sekarang, konsep pernikahan berubah lebih intim, sederhana, serta hanya dihadiri keluarga dan kerabat terdekat. Hal itu juga memengaruh­i konsep gaun pernikahan.

Desainer Embran Nawawi mengungkap­kan, untuk membuat konsep intimate wedding, tak jarang banyak pegantin yang memilih desain busana yang sederhana dan nyaman, tetapi tetap cantik. Dari situ, Embran membuat karya bridal terbarunya dengan tema Light Bridal yang cocok diterapkan dalam pesta pernikahan outdoor.

”Sebenarnya light bridal ini adalah konsep pernikahan yang sederhana dan dibuat sangat intim dengan tamu yang sedikit. Jadi, suasana pernikahan­nya nggak terlalu formal,” jelasnya.

Desain gaun light bridal memiliki bentuk cutting yang masih sama dengan busana bridal pada umumnya. ”Hanya, pembuatann­ya lebih mudah dan material yang dipakai juga lebih ringan,” ujarnya.

Misalnya saja, bustier atau kemban yang biasanya dibuat dengan konstruksi yang sangat kukuh dan berat. Belum lagi, tambahan detail dekorasi yang penuh. Dalam light bridal, hal tersebut tidak dipakai. Begitu juga bentuk gown-nya.

Desainer yang juga seorang dosen fashion di LaSalle Collage itu menjelaska­n, biasanya gaun bridal menggunaka­n material yang berat dan banyak. Ditambah lagi, ada patty coat atau penyangga gown yang memiliki konstruksi besar dan berat. Dalam konsep terbarunya, hal seperti itu juga dihilangka­n atau disederhan­akan.

Nembran mengakui, light bridal bukan tren pernikahan yang dianut banyak orang. Terlebih di Indonesia. ”Tren bridal atau baju pernikahan di Indonesia lebih bergantung pada musim nikahnya. Misalnya, bulan Syawal, Imlek, atau saat libur panjang,” katanya.

Memang masih sedikit yang memilih tren pernikahan outdoor dengan konsep light bridal. Namun, banyak anak milenial zaman sekarang yang sudah mencoba tren tersebut. ”Yang pasti, untuk tren pernikahan ke depan, ada kecenderun­gan tetap dengan pesta yang ringan yang hanya dihadiri keluarga dan kerabat,” tandasnya.

 ?? EMBRAN NAWAWI FOR JAWA POS ?? KONSEP: Model mengenakan gaun pernikahan yang dirancang Embran Nawawi untuk resepsi yang hanya dihadiri keluarga dan rekan terdekat.
EMBRAN NAWAWI FOR JAWA POS KONSEP: Model mengenakan gaun pernikahan yang dirancang Embran Nawawi untuk resepsi yang hanya dihadiri keluarga dan rekan terdekat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia