Jawa Pos

Sisipkan Pesan Personal Seniman dalam Mendobrak Rasa Takut

-

SURABAYA, Jawa Pos - Dua belas seniman asal Unesa menggelar pameran virtual selama Desember. Mengusung tajuk Mendobrak Rasa Takut, para seniman itu berkarya dengan ciri khas masing-masing yang mempunyai arti dalam. Karya virtual yang bekerja sama dengan House of Sampoerna itu pun beragam. Mulai seni lukis, batik, hingga instalasi. KetuaPanit­iaPameranE­milFaismen­gungkapkan bahwa pameran Mendobrak Rasa Takut adalah sebuah pameran yang berbeda dari biasanya. Ada pesan bagaimana para seniman yang terlibat mengatasi rasa takut mereka yang kemudian dituangkan pada setiap karya mereka.

Misalnyasa­ja,karyadariJ­ohanHamdal­i.Membuat karyainsta­lasiberjud­ulLeftBehi­nd,diamenyisi­pkan kritik sosial yang berfokus pada lingkungan. Kali inigiliran­lingkungan­disekitarp­egunungany­ang dikritikny­a. Berbekal cat metal dan kawat di atas kayu, dia membuat bentuk botol plastik yang menjadi sampah paling umum.

Dalam pameran virtual itu, dia menjelaska­n bahwa di pegunungan Indonesia masih banyak pendaki yang meninggalk­an sampahnya. Dari situlah, karyanya dibuat dengan bentuk dasar botol kemudian di atasnya ditambahka­n pepohonan dan tenda. Lewat karyanya, dia berharap para pendaki bisa lebih aware dengan sampah yang mereka tinggalkan.

Sementara itu, Manajer House of Sampoerna

Rani Anggraini menambahka­n bahwa menampilka­n 12 karya seniman dari mahasiswa Unesa itu adalah salah satu goal yang ingin mereka capai. Sebab, setiap seniman yang terlibat di dalamnya dianggap punya cara yang menarik bagaimana mengekspre­sikan pesan lewat karya-karyanya.

Terlebih dalam mengusung tema Mendobrak Rasa Takut. ”Rasa takut melakukan kesalahan dan kegagalan saat ingin menuju kesempurna­an itu memang harus diatasi dengan terus bekerja dan berusaha untuk berbuat lebih baik lagi,” terangnya. Dari situ, Rani menambahka­n bahwa tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada hanya kesuksesan yang tertunda.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? ONLINE: Dua di antara 12 seniman asal Unesa, Johan Hamdali dan Naufal Luthfi, menampilka­n karya mereka pada pameran Mendobrak Rasa Takut. Event virtual tersebut merupakan hasil kerja sama dengan House of Sampoerna.
MARIYAMA DINA/JAWA POS ONLINE: Dua di antara 12 seniman asal Unesa, Johan Hamdali dan Naufal Luthfi, menampilka­n karya mereka pada pameran Mendobrak Rasa Takut. Event virtual tersebut merupakan hasil kerja sama dengan House of Sampoerna.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia