Jawa Pos

PandemiEko­nomi Diminta Tetap Jadi Fokus

-

JAKARTA, Jawa Pos – Sejumlah partai politik (parpol) memberikan catatan penting menjelang pergantian tahun. Pemulihan ekonomi dan pendidikan mendapatka­n perhatian serius. Semua pihak juga harus diajak menangani pandemi Covid-19.

Partai Amanat Nasional (PAN) adalah salah satu parpol yang secara khusus menggelar refleksi akhir tahun kemarin (30/12). Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menyatakan, 2020 merupakan tahun penuh tantangan bagi segenap anak bangsa. ”Mengingat Covid-19 yang merebak di awal tahun masih menyebar secara masif ke seluruh pelosok negeri,” ujar dia di kantor DPP PAN.

Menurut Eddy, keberhasil­an dalam penanganan Covid-19 adalah kunci bagi perbaikan kehidupan sosial ekonomi bangsa Indonesia. Karena itu, menghentik­an penularan Covid-19 adalah prioritas utama.

Eddy mengatakan, yang harus menjadi prioritas pada 2021 adalah menghentik­an penularan di hulu. Caranya dengan menaikkan secara signifikan jumlah testing, tracing, dan treatment. PAN juga mendorong pemerintah untuk lebih tegas dalam menegakkan protokol kesehatan.

”Untuk memutus rantai penularan sekaligus memperkuat basis data penanganan pandemi,” ucapnya.

Terkait dengan vaksin, sejak awal Desember Fraksi PAN telah menyuaraka­n agar vaksin Covid-19 diberikan secara gratis. PAN pun memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang menerapkan kebijakan itu untuk seluruh masyarakat.

Terpisah, Sekjen Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Johnny G. Plate menuturkan, pada 2021 Indonesia harus berjuang untuk bangkit dari lubang resesi akibat pandemi. Situasi serupa dialami negara-negara lain.

Keberanian pemerintah meningkatk­an defisit fiskal secara berhati-hati dinilai sebagai sebuah terobosan tepat. ”Tidak dapat dibayangka­n seberapa dalam kontraksi ekonomi yang akan dihadapi Indonesia jika langkah cermat dan strategis ini tidak diambil,” tegasnya.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? BERI MASUKAN: Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri) didampingi Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Daulay saat menyampaik­an paparan refleksi akhir tahun di kantor DPP PAN, Jakarta, kemarin (30/12).
HENDRA EKA/JAWA POS BERI MASUKAN: Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri) didampingi Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Daulay saat menyampaik­an paparan refleksi akhir tahun di kantor DPP PAN, Jakarta, kemarin (30/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia