Jawa Pos

Bangun Pemurnian Garam di Tujuh Wilayah

-

S U RABA YA, Jawa Pos–Pemerintah­terus mendorong peningkata­n kualitas garam rakyat. Salah satunya melalui keberadaan washing plant atau alat pencuci dan pemurnian garam.

Plt Direktur Jenderal Pengelolaa­n Ruang Laut Kementeria­n Kelautan dan Perikanan (KKP) TB Haeru Rahayu menyatakan, pembanguna­n washing plant diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri. Serta meningkatk­an harga jual garam. ”Sekaligus membangun akses pasar garam berbasis ekonomi rakyat,” ucapnya kemarin (30/12).

Washing plant itu berupa rangkaian mesin untuk mencuci dan memurnikan garam. Rangkaiann­ya terdiri atas bagian penggiling­an/penghancur, pencucian, penirisan dan pengeringa­n, iodisasi, serta pengepakan. Sedangkan bahan baku yang digunakan adalah garam dengan SNI 4435:2017 dengan kadar natrium klorida (NaCl) atas dasar berat kering sebesar 85–94 persen dan menghasilk­an output garam minimum sesuai SNI 3556:2016 dengan kadar NaCl minimal 94 persen.

Dikatakan, pada 2020 KKP melalui program pengembang­an usaha garam rakyat (PUGaR) memberikan bantuan washing plant di tujuh lokasi. Yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Pati, Kabupaten Brebes, Kabupaten Sampang, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Pasuruan.

”Sesuai dengan arahan presiden, kegiatan PUGaR juga disandingk­an dengan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Karena itu, kegiatan PUGaR dilaksanak­an secara padat karya menyerap tenaga lokal untuk membantu perekonomi­an masyarakat di masa pandemi Covid-19,” terangnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? TINGKATKAN KUALITAS: Petani garam saat memeriksa pengaliran air di Benowo, Surabaya, beberapa waktu lalu. Kementeria­n Kelautan dan Perikanan membangun alat pencuci dan pemurnian garam untuk memenuhi kebutuhan industri.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS TINGKATKAN KUALITAS: Petani garam saat memeriksa pengaliran air di Benowo, Surabaya, beberapa waktu lalu. Kementeria­n Kelautan dan Perikanan membangun alat pencuci dan pemurnian garam untuk memenuhi kebutuhan industri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia