Jawa Pos

Jalur Utama Baluran Lumpuh Satu Jam

-

HUJAN deras yang mengguyur Kecamatan Banyuputih membuat sejumlah ruas jalan nasional di kawasan hutan Taman Nasional Baluran tergenang kemarin (30/12). Insiden tersebut mengakibat­kan arus lalu lintas di jalur itu lumpuh total lebih dari satu jam.

Menurut salah seorang pengguna jalan, Sutikno, banjir terjadi sejak pukul 12.00. Kemudian, banjir baru benar-benar surut sekitar pukul 13.00. ”Ketinggian air yang menggenang­i jalan raya sekitar 40 cm,” terangnya.

Diperkirak­an, air yang membanjiri Jalan Raya Baluran berasal dari selokan di badan pinggir jalan. ”Selokan itu jalurnya ke Curah Rokem. Kebetulan, curah di sekitar hutan Baluran itu sudah penuh. Akibatnya, air meluap ke badan jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinato­r Pusat Pengendali­an Operasi (Pusdalops) Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Puriyono menjelaska­n bahwa pihaknya telah menerjunka­n tim untuk memantau situasi di lokasi.

 ?? JAWA POS RADAR SITUBONDO ?? DAMPAK HUJAN: Sejumlah kendaraan baru bisa melintas setelah banjir di badan Jalan Raya Baluran surut.
JAWA POS RADAR SITUBONDO DAMPAK HUJAN: Sejumlah kendaraan baru bisa melintas setelah banjir di badan Jalan Raya Baluran surut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia