Jawa Pos

Ekskavasi Alas Sumur Diputuskan Lanjut

-

BONDOWOSO, Jawa Pos – Pemkab Bondowoso bersama Balai Pelestaria­n Cagar Budaya (BPCB) Jatim telah merampungk­an proses ekskavasi awal temuan tumpukan bata yang diduga situs bersejarah di Desa Alas Sumur, Pujer.

Hasilnya, pada titik galian kedua di samping sumur lama, tim menemukan struktur batu bata merah kuno sembilan lapis pada kedalaman 5 meter. Struktur itu diduga merupakan dinding pagar sebuah bangunan. ’’Temuan ini menarik. Kami sepakat untuk melanjutka­n penelusura­n lewat proses ekskavasi pada 2021,’’ kata Kasi Sejarah dan Kepurbakal­aan Dikbud Bondowoso Hery Kusdaryant­o.

Namun, ada tantangan besar dalam proses ekskavasi lanjutan nanti. Lapisan atas tanah merupakan batuan padas yang keras. Dengan begitu, diperlukan strategi agar ekskavasi lanjutan bisa berjalan lebih efisien. ’’Hasil koordinasi dengan pihak BPCB Jatim, kami memutuskan menggunaka­n alat pemotong batu padas,’’ sebutnya.

Pada proses ekskavasi lanjutan, kata Heri, pihaknya lebih memilih mencari lahan kosong terlebih dahulu. Kemudian, lahan tersebut disewa. ’’Kami tak boleh gegabah dalam proses ekskavasi lanjutan,’’ terangnya.

Sesuai proyeksi, ekskavasi lanjutan dialokasik­an pada APBD 2021. Saat ini rencana tersebut sudah ada dalam pencatatan sistem informasi perangkat daerah (SIPD).

 ??  ??
 ?? MUCHAMMAD AINUL BUDI/JAWA POS RADAR IJEN ?? AKAN DILANJUTKA­N: Proses ekskavasi di Desa Alas Sumur, Pujer, yang diduga situs sejarah era Majapahit dilanjutka­n tahun depan. Penggalian itu menggunaka­n dana APBD sekitar Rp 180 juta.
MUCHAMMAD AINUL BUDI/JAWA POS RADAR IJEN AKAN DILANJUTKA­N: Proses ekskavasi di Desa Alas Sumur, Pujer, yang diduga situs sejarah era Majapahit dilanjutka­n tahun depan. Penggalian itu menggunaka­n dana APBD sekitar Rp 180 juta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia