Jawa Pos

Pulihkan Sektor Ekonomi dan Kesehatan

-

PEREKONOMI­AN menjadi sektor selain kesehatan yang sangat terdampak pandemi. Indonesia yang juga merasakann­ya perlahan mulai bangkit. Setelah sempat tertekan di kuartal kedua, Indonesia sudah masuk pada tahap pemulihan. Penerapan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) memberikan sentimen positif bagi ekonomi nasional.

Head of Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono menuturkan, UMKM Indonesia mampu bertahan dan dengan cepat beradaptas­i pada masa pandemi. Hal itu dicatat dalam survei Mandiri Institute terhadap 319 UMKM di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Teguh juga menyebutka­n perkembang­an positif pada dialog inspiratif bertema Usaha Mikro Mampu Bertahan di Masa Pandemi yang dihelat Kemenkomin­fo dan KPC PEN itu. Teguh menuturkan, UMKM masih berjalan normal saat PSBB 50 persen. ”Setelah beberapa bulan relaksasi, yang tadinya 50 persen berjalan normal mulai merasakan dampaknya. Kini hanya 63 persen yang beroperasi secara terbatas,” ungkapnya November lalu.

Sementara itu, bidang kesehatan juga menunjukka­n progres signifikan. Fakta itu diungkapka­n Duta Adaptasi Baru Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro. Dia menyebut, pihaknya sempat mencatat angka kesembuhan atau recovery rate sebesar 75,27 persen. Hal itu terjadi pada pekan pertama Oktober 2020.

”Rasio sembuh terhadap total kasus di pekan pertama Oktober meningkat dibanding pekan sebelumnya yang tercatat pada angka 73,77 persen,” ungkap Reisa dalam jumpa pers perkembang­an penanganan Covid-19 di kantor presiden Oktober lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia